PLN Srikandi Movement Pasang Listrik Gratis Warga Kurang Mampu di Sekitar Proyek PLTA Cisokan

BANDUNG (Awall.id) – PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) memberikan bantuan pemasangan listrik gratis bagi 51 rumah tangga di Desa Sukaresmi, Kabupaten Bandung Barat yang merupakan salah satu desa di wilayah pembangunan PLTA Upper Cisokan Pumped Storage (PLTA UCPS). Mengiringi peringatan Hari Listrik Nasional ke-78, bantuan ini merupakan bagian program PLN Peduli, namun uniknya kali ini program dilaksanakan berkolaborasi dengan Srikandi atau para wanita di PLN UIP JBT yang menjadi volunteer.

Program bantuan pemasangan baru listrik bagi rumah tangga tidak mampu diserahkan secara simbolis oleh Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Tengah 1 (PLN UPP JBT 1), Arrum Rizkiani Nugrahanti. Dalam bantuan ini, pemasangan listrik gratis juga turut meliputi pemasangan instalasi tenaga listrik, biaya sertifikat laik operasi (SLO), biaya penyambungan baru ke PLN sampai dengan pengisian token listrik perdana.

“Masih dalam rangka momen yang berbahagia bagi kami yaitu Hari Listrik Nasional yang ke-78, sehingga kami juga ingin membagi kebahagiaan itu kepada masyarakat yang masih belum mampu melalui bantuan pemasangan listrik gratis,” terang Arrum.

Arrum yang juga adalah Srikandi PLN menjelaskan bahwa kini di PLN terdapat program Srikandi Movement. Program tersebut akan banyak berkecimpung pada aksi-aksi sosial khususnya di daerah yang menjadi wilayah kerja PLN. Adanya program tersebut berarti sekaligus menambah media atau keran baru PLN dalam menjalankan aksi sosial bagi masyarakat.

Pada lokasi yang berbeda, General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS menjelaskan saat ini PLN semakin membuktikan kedekatan pada masyarakat lewat banyaknya aksi sosial di seluruh daerah di Indonesia. Di samping itu, dirinya juga mengatakan bahwa PLN terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi (RE) agar seluruh masyarakat dapat mengakses listrik yang merupakan kebutuhan dasar dan salah satu pendorong peningkatan taraf kehidupan.

“PLN berkomitmen untuk pemerataan akses listrik dan percepatan penyediaan akses listrik bagi seluruh masyarakat. Berkolaborasi dengan PLN Distribusi Jawa Barat – ULP Cililin, PLN memastikan masyarakat di sekitar pembangunan PLTA Cisokan dapat merasakan listrik yang aman dan sudah tersertifikasi,” ujar Djarot.

Ibu Ucih (70) adalah salah satu warga yang mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis oleh PLN UIP JBT. Saat ini, di usia senjanya, dirinya tinggal seorang diri, suaminya telah lama meninggal. Selama ini, ia memenuhi kebutuhan listriknya bergantung dengan menyambungkan listrik ke rumah anaknya yang berada di sebelahnya.

“Terima kasih ya, neng udah dibantu (pemasangan) listriknya, semoga berkah,” tuturnya.

Kepala Desa Sukaresmi, Judin Setiawan mengungkapkan bahwa sudah 18 tahun warganya tersebut belum teraliri listrik. Dirinya mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh PLN.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PLN. Semoga PLN semakin maju. Listriknya juga terus nyala,” tutup Judin.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *