Presiden Jokowi akan Pimpin Apel Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya

Presiden Joko Widodo, akan Pimpin Apel Hari Santri 2023
Presiden Joko Widodo, akan Pimpin Apel Hari Santri 2023

JAKARTA (Awall.id) – Apel Hari Santri Nasional 2023 akan dilaksanakan di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Jawa Timur, Ahad, 22 Oktober 2023 mendatang. Acara akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan sebagai inspektur upacara pada apel tersebut. Sementara komandan apel dipercayakan kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut).

Ada pun pembacaan Resolusi Jihad oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan pembacaan doa oleh Rais Aam PBNU KH Mifthul Ahyar.

“Jadi Inspektur Apel Hari Santri langsung oleh Presiden Jokowi, Komandan Apel Gus Men (Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas). Resolusi Jihad oleh Gus Yahya (Ketum PBNU) dan doa oleh Rais Aam (KH Miftahul Ahyar,” kata Gus Ipul dalam keterangannya, Senin, 16 Oktober 2023.

Apel di Tugu Pahlawan Surabaya merupakan rangkaian puncak Hari Santri Nasional 2023. Sekitar 15 ribu orang diperkirakan akan menghadiri kegiatan ini.

Selain para santri dan warga masyarakat, beberapa tokoh juga akan diundang untuk hadir. Antara lain Wakil Presiden, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para duta besar negara tetangga, Jaksa Agung, Kapolri, pimpinan TNI hingga tokoh-tokoh masyarakat.

Pada tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri 2023 mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Untuk kepentingan peringatan Hari Santri tahun ini, Kementerian Agama sudah menerbitkan surat edaran tentang pelaksanaan Hari Santri 2023.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *