Gantikan Jenderal Dudung sebagai KSAD, Ini Tugas yang Pernah Diemban Letjen Agus Subiyanto

Presiden Joko Widodo melantik Letjen Agus Subiyanto sebagai Kepada Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman, di Istana Negara, Rabu (25/10/2023)
Presiden Joko Widodo melantik Letjen Agus Subiyanto sebagai Kepada Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman, di Istana Negara, Rabu (25/10/2023)

JAKARTA (Awall.id) – Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen Agus Subiyanto menjadi Kepada Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10).

Pada saat yang sama, Agus naik pangkat dari letnan jenderal menjadi jenderal.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi diikuti Agus saat pembacaan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi.

Sekilas soal profil Letjen TNI Agus Subiyanto. Dia adalah alumnus Akademi Militer tahun 1991 dari kecabangan infanteri. Pria kelahiran 5 Agustus 1967 ini sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat sejak awal 2022.

Tentara yang satu ini sempat malang melintang di sejumlah jabatan sebelum menjadi Wakasad. Beberapa di antaranya, Agus pernah menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi pada Agustus 2021.

Sebelum itu atau pada periode 2020-2021, Agus dipercaya untuk mengomandoi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) atau yang kerap disebut sebagai tameng hidup Presiden dan keluarga.

Saat itu, jabatan Komandan Paspampres diembannya menggantikan Mayjen Maruli Simanjuntak yang dimutasi menjadi Pangdam IX/Udayana.

Dengan pangkat bintang satu di pundak, ia juga pernah menjabat sebagai Danrem 061/Suryakencana (Bogor) pada 2020. Wilayah yang masuk tanggung jawabnya termasuk Istana Negara Bogor.

Saat berpangkat Kolonel, Agus juga pernah menjabat sebagai Danrem 132/Tadulako.

Hubungan dekat Agus dengan Jokowi ternyata sudah terjadi sejak lama, tepatnya ketika Jokowi menjadi Wali Kota Solo, yakni ketika masih berpangkat Letkol atau sekitar tahun 2009. Saat itu Agus mengemban tugas teritorial perdananya sebagai komandan Kodim 0735/Surakarta.

Sejumlah jabatan lain yang pernah diembannya usai menjadi Dandim 0735/Surakarta di antaranya Wakil Asisten Operasi Divisi 2 Kostrad pada 2011, Asisten Operasi Kasdam I/Bukit Barisan pada 2014, Dosen madya di Seskoad dan Komandan Resimen Induk Kodam II/Sriwijaya pada 2016.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *