Ganjar Kunjungi NU Art Studio Nyoman Nuarta, Ada Desain Kantor Kepresidenan IKN

Capres 2024, Ganjar Pranowo, mengunjungi museum NU Art Studio Bandung milik maestro seni rupa Indonesia I Nyoman Nuarta, Selasa (3/10/2023)
Capres 2024, Ganjar Pranowo, mengunjungi museum NU Art Studio Bandung milik maestro seni rupa Indonesia I Nyoman Nuarta, Selasa (3/10/2023)

BANDUNG (Awall.id) – I Nyoman Nuarta tampak sumringah menyambut kedatangan Ganjar Pranowo, saat Capres 2024 itu mengunjungi museum NU Art Studio Bandung, Selasa (3/10/2023). Maestro seni rupa Indonesia ini menjabat erat tangan Ganjar, lalu memeluknya.

Nyoman Nuarta begitu bersemangat mengajak Ganjar berkeliling menyusuri museum. Sejumlah karya seni rupa yang dipamerkan membuat Ganjar terpana.

“Saya itu sudah lama ingin ke sini, melihat karya seni Pak Nyoman yang luar biasa. Beliau salah satu seniman yang saya kagumi. Dan hari ini saya masuk ke museumnya. Wow, luar biasa,” kata Ganjar.

Nyoman mengajak Ganjar melihat ratusan karya seni yang ada di sana. Banyak karya seni terkenal yang dipajang, antara lain Patung Garuda Wisnu Kencana, Jalesveva Jayamahe, Patung Nightmire dan ratusan patung lainnya.

Nyoman juga memamerkan kepada Ganjar desain Kantor Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN) berbentuk Garuda. Dalam proyek IKN, Nyoman memang dipercaya mendesain beberapa bangunan utama, misalnya kantor kepresidenan, Kantor Kementerian PUPR, masjid negara, jembatan dan juga tempat pembuangan akhir.

“Ini nanti kantor kepresidenan di IKN Pak Ganjar. Kantor masa depan bapak nanti kalau sudah jadi presiden,” ucap Nyoman disambut tepuk tangan sejumlah seniman yang ada di sana.

Tak hanya desain, Nyoman juga mengajak Ganjar masuk ke bioskop mini untuk melihat lebih detail kantor kepresidenan di IKN. Dalam gambar bergerak, kantor kepresidenan IKN terlihat lebih indah.

“Jadi konsepnya seperti itu Pak, desainnya saya buat tropis. Bangunannya dibuat unik sedemikian rupa agar angin bisa masuk ke dalam dan penuh dengan pepohonan hijau. Jadi suasananya lebih menyegarkan,” ucap Nyoman.

Nyoman juga mengajak Ganjar melihat proses pembuatan pilar-pilar baja yang nantinya akan dipasang di IKN. Tumpukan pilar baja itu akan dikirim dan dipasang di Kalimantan.

“Semuanya handmade dari sini Pak, dibuat oleh anak-anak bangsa,” ucapnya.

Sementara itu, Ganjar mengaku senang bisa bertemu dengan seniman sekaliber Nyoman Nuarta. Ia diajak melihat karya, berdiskusi dan banyak mendapat ilmu.

“Dan di balik keindahan IKN, ada Pak Nyoman Nuarta di sana. Saya dilihatkan bagaimana prosesnya mulai desain, konsep, hingga pengerjaan konstruksinya. Hanya satu kata, wow,” ucapnya.

Dari kunjungannya itu, Ganjar semakin yakin bahwa Indonesia mampu menjadi negara besar. Buktinya, Indonesia memiliki banyak seniman yang dahsyat dan diakui dunia.

“Ini bukti bahwa kita mampu membuat sendiri. Pak Nyoman telah membuktikan, beliau seniman yang juga mampu membuat desain dan karya yang hebat seperti IKN. Tidak hanya membangun fisik, tapi juga memberikan nuansa seni dan nuansa yang lebih komprehensif lainnya,” pungkasnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *