70 Kendaraan Dinas Pemkot Semarang Lakukan Uji Emisi Gas Buang

SEMARANG (Awall.id) – Sebanyak 70 kendaraan dinas dan kendaraan operasional milik Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dilakukan uji emisi gas buang di Halaman Balai Kota Semarang, Kamis (5/10).

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Danang Kurniawan mengatakan Dishub rutin melakukan uji emisi kendaraan milik Pemkot baik di Balai Kota maupun di Gedung Pandanaran hingga kantor dinas yang ada di luar Balai Kota seperti DLH, DPU hingga Damkar.

Dalam pengujian emisi gas buang, kendaraan yang diuji tidak melihat tahun pembuatan kendaraan tersebut. Namun Dishub memiliki kategori-kategori dalam pengujian misalnya jenis mobil penumpang menggunakN bahan bakar bensin atau solar. Maka ambang batas pengujiannya alam berbeda.

“Setelah itu kita lihat prosentase atau kategori nilai hasil pengujian apakah sudah aman atau melebihi ambang batas,. Sampai saat ini (pukul 11.00) sudah ada 40 kendaraan yang diuji dan 4 kendaraan tidak lolos atau melebihi ambang batas,” jelas Danang.

Danang menjelaskan uji emisi ini adalah bagian dari ramp check yang merupakan rangkaian persyaratan teknis dari uji laik jalan sebuah kendaraan. Kegiatan ini didasarkan pada Undang-Undang lalu lintas No 22 Tahun 2009 ada peraturan Kementrian Lingkungan Hidup No 8 tahun 2023 tentang uji emisi.

“Kalau di Balai Kota ini hanya sebatas uji emisi saja. Kalau yang melebihi ambang batas hanya kami perintahkan untuk melakukan perbaikan,” tuturnya.

Bagi kendaraan yang melebihi ambang batas, lanjut Danang, maka kendaraan tersebut diminta untuk dibawa ke bengkel untuk dilakukan servis dan mengingatkan pengemudi untuk mengisi BBM sesuai dengan yang sudah diperintahkan.

“Setelah ini kami juga ada pemeriksaan diluar termasuk bis trans semarang di pool maupun Halte dan sudah kita jadwalkan dan kita lakukan gabungan dengan Satlantas Polrestabes Semarang,” bebernya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *