Tingkatkan Kemampuan Pegawai, Bea Cukai Jateng DIY Bekali Staf dengan Ilmu Kehumasan

SEMARANG (Awall.id) – Para pegawai unit Humas di lingkungan Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng dan DIY dibekali kemampuan lebih dengan pelatihan kehumasan, Selasa (5/9/2023).

Pembekalan diberikan dalam materi Focus Group Discussion (FGD) Kehumasan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan para pegawai Bea Cukai.

Khususnya yang berdinas di unit atau bagian kehumasan, layanan informasi, bimbinan kepatuhan, serta jangkauannya bisa diperluas untuk pegawai yang lain.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Bobby Situmorang, menyampaikan FGD Kehumasan memang menjadi program kerja kantorya untuk unit-unit kerja yang ada di sekitar atau dibawah pengawasan kanwil.

“Sebagai pendalaman teknik berbicara di depan publik kepada pengguna jasa terkait dengan pekerjaan di Bea Cukai,” katanya.

Paparan materi FGD Kehumasan, DJBC Kanwil Jateng DIY mendatangkan nara sumber dengan pengalamman yang banyak. Yakni Ade Bhakti Ariawan Sekretaris Dinas Damkar Kota Semarang dan Agus Naryoso Dosen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro.

Para narsum dan peserta akan bersama-sama untuk menggali, memilah serta melakukan sharing tentang berita-berita positip.

Sehingga tercipta dialog yang baik antara DJBC dengan penggguna jasa sekaligus mengasah kemampuan pegawai untuk juga bisa beretika di depan publik.

“Out put nya tentunya akan ada keluwesan nanti dari setiap pegawai kita ketika berada di depan publik, menyampaikan pesan-pesan positip atau kinerjanya pemerintah kita dalam hal ini kinerja masing masing kantor. Dengan tujuan agar lebih luwes dan informatif dalam menyampaikan pesan,” katanya.

Sebagai informasi, Ade Bhakti diminta untuk memaparkan materi tentang Membangun Personal Branding dan Citra Positif Institusi melalui Media Sosial.

Sedangkan narasumber lain, Agus Naryoso, akan menyampaikan materi tentang public speaking kepada para pegawai bea cukai.

FGD Kehumasan dilaksanakan secara hybrid yang digelar di aula Kanwil DJBC Jateng DIY yang diikuti ratusan peserta.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *