Polisi Amankan Pasangan Muda Curi Kotak Amal di Penggaron Semarang

SEMARANG (Awall.id)- Unit Reskrim Polsek Pedurungan sudah menangkap pasangan muda yang mencuri kotak amal berukuran jumbo di Masjid I’tikaf Nurul Hidayah di Jalan Kyai Morang, Penggaron Kidul, Pedurungan, yang terjadi pada Jumat (8/9/2023) dinihari lalu.

Diketahui kedua pelaku yakni berinisial KA (18) dan SM (19) merupakan warga Desa Candisari, Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Sebelumnya aksi mereka viral dimedia sosial adanya rekaman video CCTV dimana sedang mengangkut kotak amal jumbo yang diangkut dengan motor.

Kapolsek Pedurungan, Kompol Dina Novitasari mengatakan kedua orang ini diamankan saat berada di salah satu Mushola tak jauh dari lokasi kejadian.

“Kedua orang diamankan warga karena mencurigakan di mushola. Saat diintrogasi warga, kedua sepasang ini yang mengaku mengambil

kotak amal di masjid I’tikaf,” ungkap Kompol Dina saat dikonfirmasi, Senin (11/9/2023), siang.

Menurut keterangan pelaku, Kapolsek menuturkan usai menggondol kotak amal berukuran besar itu, kedua orang ini membuang barang bukti setelah mengambil uang di dalam wadah amal itu. Mereka membuangnya di 100 meter dari lokasi masjid.

“Di buang di lahan kosong. Mereka mengku mengambil uang senilai Rp. 500 ribuan yang ada di kotak amal untuk keperluan sehari-hari,” ucapnya.

Adanya hal itu, Dina menghimbau kepada pemilik masjid atau tempat ibadah lainnya untuk berhati-hati dan tidak menaruh kotak amal di luar masjid khususnya saat malam hari. Hal ini dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Belum ada penetapan tersangka, masih menjalani pemeriksaan dan menunggu laporan resmi dari pihak masjid. Kedepan untuk masjid ataupun tempat ibadah lain untuk

melatakan kotak amal di dalam masjid agar lebih aman,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Slamet Priyadi mengatakan jika dari hasil musyawarah dengan warga, kasus pencurian ini akan dilaporkan agar pencuri jera. Laporan kepolisian juga sedang dalam proses di Polsek Pedurungan.

“Hasil musyawarah dengan warga setuju untuk melaporkan pencuri ini agar jera lah begitu,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan jika penangkapan ia ketahui setelah ada informasi dari warga sekitar tentang sosok pembawa kabur kotak amal milik masjid I’tikaf. Dari ciri-ciri pencuri dan sepeda motor yang dikendarai pun memiliki kemiripan. Setelah dipastikan, kedua orang ini kemudian dibawa ke rumahnya untuk diserahkan ke kepolisian.

“Memastikan bahwa dia orang yang sama yang ada di CCTV. Dan jaket kendaraan sama setelah itu pelaku dibawa warga sekitar saya untuk mengamankan terduga pelaku. Setelah dipastikan warga membawa pelaku ke tempat saya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menjelaska jika kota amal memang sengaja dipasang di pinggir jalan karena untuk sumbangan pembangunan masjid. Ia juga tak menduga akan dicuri karena beberapa bulan kotak amal yang terpasang itu aman.

Saat ini pasangan sejoli ini masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Pedurungan. Barang bukti juga telah diamankan untuk keperluan proses hukum lebih lanjut. Kepolisian juga memeriksa sejumlah saksi termasuk takmir masjid dan warga yang mengamankan kedua pencuri ini.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *