Sebanyak 70 Pianis Unjuk Gigi di Acara 55 Tahun Yusditira Musik

Perayaan Ulangtahun Yudhistira Music
Perayaan Ulangtahun Yudhistira Music

SEMARANG (Awall.id) – Sebanyak 70 pianis tunjukkan permainan piano klasik dari umur 4 – 18 tahun, dalam memperingati hari jadi Yudistira Music ke 55 tahun di Radjawali Semarang Culture Center, Minggu (10/9).

 Founder Yudistira, Midya Wirawan menyampaikan, dalam pertunjukkan tersebut dibagi dalam tiga sesi dari para murid. Dalam sesi pertama, berkonsep penampilan dari murid umur 4 – 18 tahun, pada sesi kedua, merupakan sesi diploma recital dari tiga anak yang tiga minggu lalu menempuh ujian diploma ABRSM di Jakarta, pada sesi terahir merupakan penampilan dari delapan murid pilihan, yang unggul dan sering mengikuti lomba.

 “Pada sesi terakhir, murid memainkan serangkaian lagu – lagu selama 30 menit. Ini cukup berat, karena memainkan piano klasik dari bermacam zaman, mulai dari Barok, Klasik, Romantic, dan Abad ke-20,” bebernya.

 Dirinya menjelaskan, meskipun sempat terhenti karena adanya kasus Covid, kali ini pihaknya memulai kembali aktif, salah satunya dengan melalui home konsep.

 “Sempat berhenti karena pandemi, saat ini kami mengadakan event yang sangat besar melalui home konsep. Musik klasik berbeda dengan musik lainnya. Karena harus dipelajari terus menerus,” ujarnya.

 Midya Wirawan yang berasal dari Yogyakarta menginginkan anak berbakat ditangani dengan benar, termasuk di Semarang. Padahal saat ini sudah ada ribuan murid yang melahirkan musisi handal.

 “Kenapa sih, Jawa Tengah selalu dilewati, saya mendedikasikan diri saya untuk terjun ke pendidikan musik, sehingga anak Jawa Tengah dapat dikenal di luar daerah. Karena musik klasik ini harus didasari pengetahuan yang baik dan hasil pendidikannya,” imbuhnya. 

 Salah satu murid diploma, Angela Katie Kristianto (14) mengatakan, menurutnya permainan piano klasik itu sulit, dan pada saat memainkannya pun tangan maupun jari tidak tegang.

 “Susahnya tidak boleh tegang tangannya,” katanya.

 Ketertarikannya di piano klasik, menurutnya dapat mengekspresikan dirinya dalam permainan musik. Diakuinya, dirinya tertarik piano klasik sejak umur delapan tahun, selain itu ia juga pernah meraih juara Nasional maupun Internasional.  

 “Pianis musik klasik saya mengidolakan pianist Lang  Lang. Banyak tantangan dalam bermain piano klasik, teknik maupun melodinya. Awal mulai tertarik latihan musik piano klasik sejak usia 8 tahun, juga sudah pernah meraih juara nasional dan internasional,” imbuhnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *