Kiai dan Santri Pasuruan Titipkan Harapan Besar kepada Ganjar

PASURUAN (Awall.id) – Kalangan kiai dan santri Pasuruan mendoakan calon presiden PDIP 2024, Ganjar Pranowo, agar sukses menjadi pemimpin di masa depan. Mereka juga berharap, agar Ganjar menjaga masyarakat dan membawa Indonesia agar lebih maju.

Sabtu (23/9/2023) siang, Ganjar sowan ke sejumlah kiai besar di Pasuruan, Jawa Timur. Didampingi istri tercinta, Siti Atikoh, Ganjar sowan ke KH Idris Hamid, pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan dan KH Muhammad Syaeful Huda, pengasuh Ponpes Nurul Islam Pasuruan.

Ganjar pun disambut hangat oleh para kiai dan keluarganya saat kunjungan itu. Mereka kompak mendoakan Ganjar agar sukses menjadi pemimpin masa depan.

“Semoga Pak Ganjar menjadi presiden. Sukses menjadi pemimpin yang amanah dan tidak melupakan NU,” kata istri KH Idris Hamid, Hj Kuni Zakiyah Idris.

Begitu juga saat Ganjar tiba di Ponpes Nurul Islam. Ganjar disambut KH Muhammad Syaeful Huda dan para ulama lain. Di Pasuruan, para ulama juga mendoakan Ganjar agar sukses mengemban kepemimpinan ke depan.

“Semoga Pak Ganjar bisa memimpin Indonesia, dan menjadikan negeri ini baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur. Semoga Pak Ganjar diberi kekuatan lahir bathin dan mendapat pertolongan dari Allah,” ucap para ulama saat mendoakan Ganjar di Ponpes Nurul Islam.

Tak hanya dari kalangan kiai, doa dan harapan juga disampaikan sejumlah santri Pasuruan untuk Ganjar. Misalnya, saat Ganjar di Ponpes Salafiyah, ratusan santri kompak meneriakkan yel-yel dan mendoakan agar Ganjar sukses menjadi presiden.

Selain sowan ke sejumlah ulama, Ganjar juga sempat ziarah ke makam ulama besar Pasuruan, KH Abdul Hamid Pasuruan. Dan saat ziarah itu, ratusan masyarakat menyambut Ganjar dengan gegap gempita.

Sementara itu, Ganjar mengatakan sengaja sowan ke para ulama dan ziarah ke sejumlah makam ulama untuk silaturahmi. Ada banyak pelajaran yang bisa dia teladani usai berkunjung ke tokoh ulama.

“Mereka sangat bermanfaat bagi masyarakat, tidak hanya ilmu agama tapi juga kemasyarakatan. Mereka semua menjadi teladan,” ucapnya.

Khusus untuk KH Abdul Hamid Pasuruan, Ganjar mengatakan sangat mengagumi almarhum ulama asal Lasem Rembang itu. Menurutnya, Mbah Hamid Pasuruan dikenal sebagai ulama yang lemah lembut dan berjiwa sosial tinggi.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *