Pemkot Semarang Terus Kebut Pembangunan Fasilitas SMPN 45 Semarang

SEMARANG (Awall.id) – Pemerintah Kota Semarang berkomitmen mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan menyediakan fasilitas pendidikan yang berkualitas.

Melalui Dinas Pendidikan, Pemkot Semarang terus mengupayakan kelengkapan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran salah satunya di SMPN 45 Semarang yang merupakan sekolah baru. Saat ini prioritas pembangunan yang dilakukan adalah menambah ruang kelas dan fasilitas olah raga.

“Lokal baru yang akan dibangun tahun ini terdiri atas bangunan dua lantai yang terdiri atas 3 ruang kelas, 1 ruang serba guna, dan 1 ruang yang akan difungsikan sebagai tempat parkir sepeda motor,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bambang Pramusinto pada Rabu (30/8).

“Adapun progres pembangunannya sampai saat ini sudah berdiri kerangka bangunan dua lantai. Sebagian lahan kosong di depan gedung sekolah dibangun lapangan, baik untuk upacara maupun olah raga. Saat ini pembangunan lapangan sudah sampai pada tahap pengecoran,” imbuh Bambang.

Menurutnya, sekolah yang beralamat di Jalan Rejomulyo I Wates Kecamatan Ngaliyan tersebut masih membutuhkan banyak ruangan dan fasilitas. Bahkan saat ini ruang TIK belum tersambung instalasi listrik dan jaringan internet. Untuk itu, pihaknya mengusulkan pembenahan laboratorium TIK berstandar ANBK dan praktik pembelajaran informatika di samping pembangunan kantin, penyempurnaan lapangan, pengadaan sound sistem kelas, hingga ruang penunjang lainnya seperti UKS dan perpustakaan.

“Progres penambahan sarana prasana dilakukan secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan fisik SMPN 45 sehingga harapannya akan bisa menambah daya tampung sekolah tersebut. Pada awal tahun pelajaran 2022/2023 karena merupakan sekolah baru maka hanya mampu menampung 3 kelas. Alhamdulillah saat PPDB tahun 2023/2024 yang merupakan PPDB kedua SMPN 45 sudah mampu menampung 3 rombel (rombongan belajar) lagi,” jelas Bambang.

Dengan demikian pada tahun pelajaran 2023/2024, SMPN 45 total mempunyai 6 rombel dengan 6 uang kelas dan jumlah siswa 191 orang. Sebagai pendukung untuk kegiatan publikasi, SMPN 45 sendiri drsaat ini sudah menggunakan website resmi pada portal https://smpn45.semarangkota.go.id/

“Keberadaan SMPN 45 diharapkan menjadi alternatif sekolah bagi siswa yang tinggal di wilayah Ngaliyan, Mijen dan sekitarnya,” tandas Bambang optimis.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *