Tim PkM FTP USM Beri Pelatihan Pembuatan Teh Susu Herbal Daun Kelor di SMK Ibu Kartini Semarang

Pelatihan Pembuatan Teh Susu Herbal Daun Kelor, dilakukan Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri atas dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) di SMK Ibu Kartini Semarang pada 24 Mei 2023

SEMARANG (Awal.id) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri atas dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Pembuatan Teh Susu Herbal Daun Kelor di SMK Ibu Kartini Semarang pada 24 Mei 2023.

Kegiatan diikuti 66 siswa kelas XI Jurusan Tata Boga SMK Ibu Kartini Semarang. Tim PkM terdiri atas Prof Dr Ir Haslina MSi, Zulhaq Dahri Siqhny ST MT, dan Ir Ery Pratiwi MP.

Menurut Haslina, pihaknya memberikan sosialisasi penanganan pascapanen daun kelor dan manfaat teh daun kelor untuk kesehatan. Selain itu, juga memberikan pelatihan pembuatan teh susu herbal daun kelor.

”Kami berharap, setelah pelatihan, pengetahuan siswa-siswi Jurusan Tata Boga SMK Ibu Kartini Semarang mengenai potensi dan manfaat daun kelor untuk kesehatan menjadi meningkat,” katanya.

Haslina mengatakan, daun kelor memiliki banyak manfaat dan nutrisi yang lengkap seperti vitamin, beta-Karoten, mineral, dan protein.

”Kandungan nutrisi ini memiliki manfaat untuk kesehatan seperti antihipertensi, antimikroba, dan antioksidan,” ungkapnya.

Sementara itu, Zulhaq Dahri Siqhny‬ memberikan sosialisasi mengenai teknologi pascapanen daun kelor.

“Bagian daun kelor yang memiliki potensi pemanfaatan tertinggi adalah daunnya. Selama proses pengolahan kandungan nutrisi daun kelor yang tinggi harus dijaga agar tidak rusak. Salah satu metode pengolahan daun kelor adalah dengan pengeringan. Daun kelor kering (dengan kadar air dibawah 10%) memiliki masa simpan yang lebih lama dengan kandungan nutrisi yang terjaga,” ujar Zulhaq.

Hal senada dikatakan Ery Pratiwi. Dia berharap, pelatihan ini memberikan alternatif olahan daun kelor yang enak dan bermanfaat untuk kesehatan.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *