Lakukan Hal Ini Agar Tetap Produktif Dan Kreatif Selama PPKM

SEMARANG (Awal.id) – Selama penyelenggaraan PPKM Darurat bukan berarti kamu harus malas-malasan, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu selama di rumah aja.

Selain mengerjakan pekerjaan rumah, kamu juga bisa mempelajari hal baru untuk menambah dan mengembangkan skill. Sebab, di era saat ini kamu tidak hanya dituntut kreatif tapi juga harus memiliki kemampuan lain untuk mendukung berbagai aktivitas dan kegiatan yang kamu lakukan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, juga pernah mengatakan bahwa pengembangan sumber daya manusia menjadi salah satu faktor kunci dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Untuk itu, Sandiaga menekankan pentingnya untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Kami baru saja menandatangani kesepakatan dengan Universitas Hasanuddin Makassar. Kemenparekraf akan mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya dalam pendekatan pembangunan sumber daya manusia. Covid-19 ini memaksa kita meningkatkan keterampilan-keterampilan berkaitan dengan akselerasi digitalisasi dan juga adaptasi protokol kesehatan,” kata Sandiaga seperti dikutip dari keterangan resminya beberapa waktu lalu.

Untuk itu, meski #DiRumahAja ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill-mu, lho. Daripada rebahan, mending upgrade kemampuan diri dengan mempelajari lima hal berikut, yuk.

  1. Mempelajari Desain Grafis

Jika kamu tertarik pada industri kreatif, mempelajari desain grafis selama di rumah aja bisa jadi pilihan. Apalagi, di era digital saat ini, desain grafis menjadi salah satu skill yang banyak dicari.

Kalau kamu paham dasar ilmu desain grafis, banyak sekali manfaatnya. Mulai dari desain produk hingga membuat materi promosi yang menarik banyak mata. Banyak sekali UMKM yang terbantu naik kelas karena desain produknya yang di-upgrade, sehingga kualitas dari produk tersebut lebih menonjol.

Untuk mempelajari desain grafis, ada beberapa software atau perangkat lunak yang tersedia. Kamu juga bisa mencari materinya dari dasar hingga level advance di YouTube.

  1. Belajar Memotret

Skill satu ini wajib banget buat kamu yang hobi foto sembari traveling ke destinasi wisata yang ada #DiIndonesiaAja. Tak perlu kamera yang mahal-mahal, kamu bisa memulainya dengan menggunakan smartphone-mu sendiri.

Sebagai pemula kamu harus memahami dasar-dasar fotografi terlebih dahulu, salah satunya adalah dengan mengetahui berbagai teknik pengambilan gambar seperti close upmedium shotlong shotextreme long shot, dan lain sebagainya.

Kamu hanya perlu sering berlatih dan bereksperimen. Selain itu, kamu juga wajib untuk mengamati pencahayaan ataupun memperhatikan komposisi agar fotomu menarik.

Jika masih belum cukup, kamu juga bisa mencari info tambahan di internet ataupun membaca buku tentang fotografi.

  1. BelajarEditing Foto

Buat kamu yang doyan jalan-jalan #DiIndonesiaAja sambil foto-foto, kamu wajib banget menguasai salah satu perangkat lunak untuk editing foto yang ada di laptop ataupun smartphone.

Sebab, perangkat-perangkat lunak yang bisa diunduh pada laptop ataupun smartphone nantinya sangat berguna buat kamu yang ingin terjun ke dunia fotografi atau menjadi fotografer profesional. Dengan editing yang proporsional, sebuah gambar bisa terlihat lebih hidup dan ‘berbicara’.

Nah, buat kamu yang ingin serius menggeluti dunia foto, kamu bisa mempelajarinya dari website atau laman resmi perangkat lunaknya langsung.

Misalnya Adobe Photoshop yang menyediakan dua jenis pembelajaran yaitu pedoman untuk beginners atau pemula dan experienced bagi mereka yang berpengalaman. Semua tutorial yang ada pada situs tersebut dibuat langsung oleh para ahlinya sehingga berasal dari sumber yang kredibel.

  1. BelajarDigital Marketing

Buat kamu yang belum familiar, digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan menggunakan media digital dan jaringan internet. Digital marketing memiliki kelebihan dibandingkan teknik pemasaran tradisional karena bisa menjangkau pasar lebih luas dan tepat sasaran.

Hampir semua industri membutuhkan keahlian seorang digital marketer. Mempelajari digital marketing juga dapat memberikan manfaat buat kamu yang ingin menjalankan berbagai usaha atau bisnis, khususnya di industri ekonomi kreatif.

  1. BelajarCopywriting

Kamu pernah lihat tagline sebuah iklan dan menempel terus di kepala? Itulah pentingnya copywriting dalam dunia pemasaran. Copywriting adalah teknik dalam pembuatan materi pemasaran yang mampu mempengaruhi pembaca sesuai dengan tujuan dari tulisan tersebut.

Enggak cuma dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Dengan copywriting, kamu juga bisa membuat caption Instagram yang menarik dan engaging dengan followers.

Salah satu cara untuk mengasah kemampuan copywriting-mu adalah dengan sering berlatih membuat berbagai tulisan, baik itu di media sosial maupun blog.

Nah, itu tadi beberapa deretan skill atau keterampilan yang bisa kamu pelajari dari rumah.

Bagi kamu yang masih bekerja di luar rumah tetap patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M, ya, yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Jangan sampai kamu bawa virus untuk orang-orang yang menyayangimu di rumah.

Jangan lupa juga untuk mendukung penekanan angka penyebaran Covid-19 dengan melakukan vaksinasi yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang merajalela. Stay safe~(*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *