Kementrian PAN-RB Apriasi Inovasi Pelayan ’Si Bulan’ Disdukcapil Kota Magelang

MAGELANG (Awal.id) – Inovasi Pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang yang diberi nama Si Bulan (Aksi Ibu Pulang Bawa Akta Kelahiran) mendapat apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI dalam kegiatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021.

“Tujuan inovasi Si Bulan untuk kemudahan dan efektivitas dalam pengurusan akta kelahiran, dan terhubung langsung dengan database kependudukan,” ucap Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, Kamis (7/7).

Pada paparan secara virtual di ruang Command Center Pemkot Magelang dihadiri Sekda Joko Budiyono, Kepala Disdukcapil Larsita, Direktur RSUD Tidar Adi Pramono. Melalui inovasi tersebut Kota Magelang terpilih menjadi sembilan inovator dari Jawa Tengah.

“Sejak diluncurkan pada 2020, “Si Bulan” telah menerbitkan sekitar 200 akta kelahiran per bulan.  Setelah terbit nomor induk kependudukan (NIK) orang tua bisa langsung mengurus kartu BPJS Kesehatan,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Magelang, Larsita.

Larsita mengatakan program ini bekerja sama dengan seluruh fasilitas kesehatan persalinan di Kota Magelang. Untuk menjadi peserta program ini, syarat sangat mudah, yakni fotokopi KTP orang tua, fotokopi surat nikah, dan kartu keluarga (KK) setelah itu didaftarkan via online. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *