Tirakatan Harlah Pancasila, Wali Kota Semarang Ajak Masyarakat Kuatkan Persatuan Indonesia

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberi sambutan pada acara malam tirakatan menyambut Hari Lahir Pancasila.
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberi sambutan pada acara malam tirakatan menyambut Hari Lahir Pancasila.

SEMARANG (Awal.id) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi ikut menyambut Bulan Bung Karno dengan menghadiri acara malam tirakatan peringatan Hari Lahir Pancasila, di Selasar Balaikota, Senin (31/5).

Hadir pada acara tersebut, sejumlah ulama,  perwakilan organisasi kepemudaan dan masyarakat Kota Semarang. Tirakatan pada masa pandemi Covid-19 ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut secara khusus mendapuk KH Ubaidullah Shodaqoh untuk memberikan tausiyah. Hadirnya salah satu ulama besar dari Kota Semarang itu diharapkan Hendi dapat memberikan perspektif semangat nasionalis dari sudut pandang religius.

Hendi pada kesempatan tersebut mengingatkan kembali tentang makna Pancasila bagi Bangsa Indonesia. Pancasila yang digagas Bung Karno disebutnya sebagai alat pemersatu bangsa dan menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Orang pertama di jajaran Pemkot Semarang ini berharap setiap peringatan Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno dapat terus menjadi momentum untuk menguatkan persatuan Indonesia.

“Hari ini kita fokuskan pikiran kita membangun bangsa dan negara kita. Tidak boleh lagi ada perbedaan-perbedaan yang tidak menimbulkan kekuatan, justru perpecahan,” ajak Wali Kota Semarang tersebut.

“Bung Karno mencetuskan sebuah ide terkait dasar negara kita yaitu Pancasila. Maka, yang harus kita ingat, Pancasila ini alat pemersatu bangsa kita,” tambahnya.

Hendi mengimbau, sebagai warga negara hendaknya sekarang lebih fokus untuk membangun bangsa.

“Alhamdulillah di hari-hari ini kalau saya boleh menyampaikan, bahwa Indonesia ini masih ada. Artinya kita para penerus perjuangan ini masih meyakini bahwa Pancasila adalah dasar negara yang mempersatukan keberagaman yang ada,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Hendi juga mengajak jajaran Pemerintah kota Semarang untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan pada bulan dana PMI, di mana akan dilaksanakan selama 3 bulan mulai 1 Juni 2021 sampai dengan 31 Agustus 2021 .

“Mari berlomba-lomba berbuat kebaikan mencari pahala yang nantinya bisa bermanfaat khususnya yang hari ini terdampak pandemi covid-19,” tandas Hendi. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *