Program PPDB Diluncurkan, Gubernur Minta Integritas Dijaga

Plt Disdikbud Jateng, Heri Wuljanto
Plt Disdikbud Jateng, Heri Wuljanto

KARANGANYAR (Awal.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meluncurkan program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri tahun ajaran 2021/2022.

Peluncuran PPDB dilaksanakan bebarengan dengan peletakan batu pertama pembangunan SMA Negeri Tawangmangu, Sabtu (12/6).

Dalam kesempatan itu, Plt Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Heri Wuljanto mengatakan, proses tahapan PPDB sudah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Tahapan awal adalah penyiapan data base calon peserta didik.

“Setelah itu akan dilakukan verifikasi dan penerimaan token secara daring pada tanggal 14-19 Juni 2021. Sementara pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 21-25 Juni,” kata Heri.

Sementara pengumuman akan dilakukan pada 26 Juni 2021. Adapun daya tampung PPDB SMA dan SMK Negeri di Jateng sebanyak 214.839 kursi, dengan rombongan belajar sebanyak 5.976 rombongan.

“Ketersediaan daya tampung ini baru mampu menampung sebanyak 42 persen dari total lulusan SMP sederajat. Sebab tahun ajaran 2021/2022, jumlah lulusan kurang lebih sebanyak 522.295 siswa,” ucapnya.

Heri menerangkan, semua proses PPDB dilakukan secara online. Hal ini untuk menghindari kerumunan dan penyebaran Covid-19.

“Semua prosesnya online, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berpesan agar pelaksanaan PPDB diawasi dengan ketat. Tidak boleh ada kecurangan-kecurangan yang dilakukan selama proses pendaftaran.

“Jaga proses PPDB ini dengan baik, jaga integritas agar PPDB kita berkualitas,” ucapnya. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *