Pemerintah Kota Semarang Luncurkan Aplikasi ’Siap Semarang’

Asisten Administrasi Pembangunan, Ekonomi dan Kesra, Widoyono didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Semarang, Nurkholis malaunching aplikasi Siap Semarang
Asisten Administrasi Pembangunan, Ekonomi dan Kesra, Widoyono didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Semarang, Nurkholis malaunching aplikasi Siap Semarang

SEMARANG (Awal.id) – Pemkot Semarang meluncurkan aplikasi ’Siap Semarang’ yang merupakan kependekkan dari “Sistem Aplikasi Online Pengawasan Sumber Daya Perikanan”.

Aplikasi dibuat oleh Dinas Perikanan Kota Semarang atas dasar banyak ditemukannya pelanggaran di bidang perikanan di Kota Semarang. Adanya aplikasi Siap Semarang ini diharapkan angka pelanggaran terkait dengan perikanan bisa menurun secara drastis.

“Aplikasi Siap Semarang dapat diunduh masyarakat Kota Semarang di Google Play Store. Melalui fitur-fitur yang tersedia, mereka bisa melaporkan setiap pelanggaran di bidang perikanan secara real time, tepat dan cepat,” kata Asisten Administrasi Pembangunan, Ekonomi dan Kesra, Widoyono yang mewakili Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Kamis (3/6).

Widoyono berharap aplikasi ini bisa membantu para nelayan agar tidak merugi, karena adanya kecurangan. Selain itu penerapan aplikasi ini ke depan bisa mewujudkan pelestarian dan menjaga ekosistem laut di Ibu Kota Provinsi Jateng.

“Dinas juga harus melakukan pendampingan serta memfungsikan betul aplikasi ini agar tidak muspro dan tepat sasaran,” tandasnya.

Sementara Kasi Pengendalian Usaha Dinas Perikanan Kota Semarang, Domas Kurnia mengatakan dengan adanya aplikasi Siap Semarang ini akan mengurangi keresahan masyarakat nelayan akibat banyaknya pelanggaran di perairan laut.

“Harapanya adanya aplikasi ini masyarakat nelayan tidak perlu bingung lagi ketika menemukan pelanggaran, misalnya menangkap ikan menggunakan peledak, racun ataupun yang lainnya,” ujar Domas.

Ke depan jika ada laporan dari masyarakat yang masuk melalui aplikasi ini juga akan langsung diteruskan ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *