Arab Saudi Putuskan Haji 2021 Hanya untuk Domestik

JAKARTA (Awal.id) – Ibadah Haji 2021 akan dilakukan secara terbatas hanya untuk domestik Arab Saudi saja. Menurut Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, hal itu merupakan keputusan resmi Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini.
“Pelaksanaan ibadah haji 2021 hanya terbatas domestik Arab Saudi baik warga negara Arab Saudi dan para ekspatriat yang berada di Arab Saudi,” kata Agus Maftuh Abegebriel dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/6).

Menurut Dubes Agus Maftuh, Pemerintah Arab Saudi juga membatasi kapasitas jemaah yang bisa melakukan ibadah haji 2021. Bukan hanya kapasitas, batasan usia pun telah ditentukan.

“Jumlah maksimal 60 ribu jemaah, usia 18-65,” tambah Agus.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia sudah memutuskan tahun ini tidak ada keberangkatan jemaah haji.

Keputusan pembatalan pemberangkatan ibadah haji itu dituangkan dalam Keputusan Menag No 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkap pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jemaah haji Indonesia 1442 H/2021 M demi keselamatan jemaah.

Diketahui, kasus harian di Indonesia pada 26-31 Mei rata-rata masih di atas angka 5.000 kasus.

Awal.id, berita jakarta, dubes ri, haji 2021, untuk domestik

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *