Uji Coba COD,  Hendi: PAM Semarang Barat Mampu Penuhi Air Bersih 60.000 KK

Hendrar Prihadi menyambangi kantor OPD pada hari pertama masuk kerja pascalibur Lebaran.
Hendrar Prihadi menyambangi kantor OPD pada hari pertama masuk kerja pascalibur Lebaran.

SEMARANG (Awal.id) – Sistem Pengolahan Air Minum Semarang Barat sebagai salah satu program strategis Wali Kota Semarang mulai diujicobakan Senin ini (17/5).

Wali Kota Semarang  Hendrar Prihadi menjelaskan uji coba ini dilakukan menjelang dimulainya COD (Commercial Operating Date) atau tanggal operasi komersial pada tanggal 22 Mei 2021 mendatang.

Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi mengatakan proyek COD ini menelan anggaran lebih dari satu triliun rupiah.

“Saya berharap SPAM Semarang Barat dapat beroperasi maksimal untuk menambah ketersediaan air baku di wilayah Ibu Kota Jawa tengah,” kata Hendi di Balai Kota Semarang saat melakukan pengecekan pelayanan pemerintah pascalibur Lebaran, Senin (17/5).

Seperti diketahui, SPAM Semarang Barat ini merupakan salah satu proyek yang direalisasikan dengan inovasi pembiayaan di masa kepemimpinan Hendi sebagai Wali Kota Semarang.

Dengan mengusung sistem KPBU (Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha), SPAM Semarang Barat menjadi proyek percontohan dengan inovasi skema pembiayaan non-APBD.

Hendi menyebut SPAM Semarang Barat menjadi salah satu proyek yang ditunggu masyarakat. Sebab, beroperasinya sistem pengolahan air minum itu akan berdampak pada terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk sekitar 60.000 keluarga di Kota Semarang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang, penyedia jasa, khususnya Bapak Presiden Jokowi, karena hari ini sudah bisa dilakukan uji coba atau trial untuk SPAM Semarang Barat ini,” tutur Hendi.

“Untuk COD (Commercial Operating Date)-nya sendiri nanti pada tanggal 22 Mei 2021. Jadi alhamdulillah pekerjaannya tepat waktu, bahkan lebih cepat dari perkiraan, dan mudah-mudahan dapat bermanfaat maksimal bagi masyarakat Kota Semarang,” imbuhnya.

Saat ini projek SPAM Semarang Barat memasuki minggu ke-104 dari waktu 105 minggu yang ditetapkan dalam pengerjaannya. Progres pengerjaan pada awal bulan ini pun telah mencapai 99.545%, lebih tinggi 0,287% dari rencana progress yang sebesar 99.258%. (*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *