Kumandang Indonesia Raya di Mana-mana, Begini Respon Gubernur Ganjar

Lagu Indonesia Raya juga berkumandang di angkutan BRT yang dinyanyikan serentak para penumpang
Lagu Indonesia Raya juga berkumandang di angkutan BRT yang dinyanyikan serentak para penumpang

SEMARANG (Awal.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghentikan sejenak aktivitas di ruang kerjanya saat waktu menunjukkan pukul 10.00 pada hari Kamis (20/5). Ia bersama pejabat dan staf yang mendampingi langsung mengambil sikap tegap dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya serentak.

Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-113. Tidak hanya Ganjar beserta stafnya, seluruh elemen masyarakat yang ada di lingkungan kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan wilayah Jawa Tengah juga merespons dengan melakukan hal sama.

Bahkan kurang dari 15 menit video-video menyanyikan lagu Indonesia Raya serentak di berbagai tempat sudah tersebar di media sosial dan grup-grup WhatsApp.

“Ini sembilan menit setelah pukul 10.00 sudah ada yang melaporkan ke saya. Saya minta (mereka) untuk merekam sendiri. Sekarang mulai muncul, barusan lapor dari PT Meladi Garmen, terus baru saja ada yang melaporkan dari Demak,” kata Ganjar di ruang kerjanya sambil menunjukkan video-video kiriman dari berbagai tempat.

Ganjar mengapresiasi respons masyarakat di berbagai tempat yang mau mengikuti gerakan menyanyikan Indonesia Raya bersama pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional itu. Bahkan dalam waktu yang pendek dan sedang dalam tugas di luar kota atau dalam kegiatan penting lainnya tetap bisa ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya serentak.

“Ini ada juga DPRD Salatiga yang dinas luar kota ke Malang menyampaikan mengikuti kegiatan itu meskipun ada di Malang. Ada lagi TKSK Kecamatan Tangen hanya empat orang dan melakukan bersama-sama, ternyata yang dalam waktu pendek ini mereka semuanya ikut menyampaikan kepada kami di mana semua teman-teman melakukan. Bahkan ini yang menarik lagi, seorang kades yang sedang rapat dengan TNI-Polri, Babinsa dan Babinkamtibmas mereka menyampaikan ini semua dalam waktu singkat. Artinya teman-teman menyambut baik dan luar biasa,” katanya.

Ganjar menambahkan, menyanyikan lagu kebangsaan sebenarnya sudah berjalan di Jawa Tengah. Misalnya sebelum dimulai apel, lagu-lagu kebangsaan sudah dikumandangkan lebih dulu sambil menunggu kawan-kawan ASN masuk ke barisan apel. Kemudian setiap sore saat hendak pulang juga dikumandangkan lagu Bagimu Negeri.

“Tapi kali ini momentum kebangkitan nasional itu kita dorong bersama dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama pada pukul 10.00. Ternyata responsnya luar biasa bahkan tadi dari Kemenag juga menyampaikan di masjid-masjid siap. Lalu ada kampus juga siap, desa siap, dan perusahaan siap,” katanya.

Ganjar berharap momentum Hari Kebangkitan Nasional ini bisa menjadi kekuatan dan spirit untuk bangkit sebagai bangsa besar dan bisa kuat menghadapi pandemi. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *