1.200 Desa Berpotensi Jadi Desa Wisata

Desa Wisata jadi salah andalan untuk memulihkan ekonomi Indonesia.
Desa Wisata jadi salah andalan untuk memulihkan ekonomi Indonesia.

JAKARTA (Awal.id) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan sedikitnya 1.200 desa di Indonesia berpotensi jadi desa wisata.

Bahkan, sejumlah desa-desa itu memiliki potensi wisata bertaraf internasional. “Ada 7.500 desa di seluruh Indonesia, dan dari kunjungan saya selama ini, paling tidak ada 1.200 desa yang berpotensi menjadi desa wisata,” ujar Sandiaga Uno, dalam peluncuran Anugerah Desa Wisata 2021, di Jakarta, Jumat (30/4) malam.

Saat ini, kata Sandiago Uno, tren pariwisata dunia sudah berubah. Tren pariwisata yang paling diminati adalah nature and culture.

“Trend baru ekonomi pariwisata dan kreatif ini bergerak nature and culture, yaitu berbasis alam dan budaya dengan kelengkapan kegiatan atraksi, kuliner serta olahraga,” kata Sandiaga Uno.

Dia berharap program Anugrah Desa Wisata ini dapat memetakan potensi pariwisata daerah yang dapat dijual keindahan dan kekayaaan budaya untuk menyokong pembukaan lapangan baru di tengah pandemi Covid-19.

Sandiago mengungkapan pembentukan dan pemberdayaan desa wisata menjadi salah satu target Kemenparekraf dalam memulihkan ekonomi nasional.

“Pembentukan dan pemberdayaan desa wisata kan kami lakukan secara simultan. Kami yakin bisa memulihkan ekonomi Indonesia dengan desa wisata,” tutur Menparekraf.

Program Unggulan

Pemberian Anugerah Desa Wisata ini merupakan program unggulan Kemenparekraf untuk pemulihan ekonomi. Program ini berupa lomba desa-desa untuk menonjolkan kelebihan daerah masing-masing dalam hal pariwisata dan ekonomi kreatif.

Untuk mengikuti acara ini, peserta dapat melakukan pendaftaran mulai 7 Mei hingga 26 Juni 2021.

Pemenang Anugerah Desa Wisata ini akan diumumkan pada 7 Desember 2021. Bagi pemenang, selain mendapatkan uang, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan melakukan pembimbingan kepada desa-desa dan juga akan dipromosikan ke wisatawan domestik maupun mancanegara. (*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *