25 Warga Sampangan Terpapar Covid-19, Usai Pulang Takziah dari Temanggung

Akses keluar masuk kampung RT 012/RW 001 Sampangan, Semarang dipasangi portal untuk mengantisipasi penularan Covid-19.
Akses keluar masuk kampung RT 012/RW 001 Sampangan, Semarang dipasangi portal untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

SEMARANG (Awal.id) – Sempat menurun sejenak, kasus Covid-19 di Kota Semarang kembali menunjukkan peningkatan. Sebanyak warga Kelurahan Sampangan RT 12/RW 1 dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19,  selepas pulang dari takziah dari Temanggung.

Para warga yang terpapar Corona itu saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, perangkat kelurahan setempat mengambil kebijakan untuk menutup sementara akses keluar masuk di kawasan perkampungan tersebut.

Lurah Sampangan, Supono saat dikonfirmasikan hal tersebut membenarkan  25 warganya terkonfirmasi Covid-19 sepulang dari acara takziah di Temanggung.

“Sepekan lalu rombongan warga dari RT 12/RW 1 yang pergi ke Temanggung untuk takziah. Ketika pulang, seorang warga terkena Covid-19. Lalu, kita lakukan tes swab secara acak. Ternyata ada 25 warga lain yang juga terpapar,” ujar Supono, Kamis (22/4).

Untuk memangkas mata rantai penularan Covid-19 klaster takziah, Supomo bersama Satgas Covid-19 telah berupaya mengantisipasi penularan atau penyebaran virus berbahaya di wilayahnya.

Dibantu aparat Babinsa dan Babinkamtibmas, pihak Kelurahan Sampangan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah-rumah warga sekitar tempat tinggal para terpapar Covid-19.

Selain itu, lokasi Kampung RT 012/RW 001 juga telah di-lockdown untuk batas waktu yang belum ditentukan.

“Wilayah RT 012 sudah ditetapkan sebagai zona merah. Sesuai kesepakatan bersama, lokasinya kita portal. Akses keluar masuk warga kita batasi,” ujar Supono.

Dia menjelaskan dari 25 warga yang terpapar, dua di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Sedang 23 sisanya, hingga kini masih berstatus orang tanpa gejala (OTG). (*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *