KONI Jateng Intensifkan Monev Hadapi PON 2024

SEMARANG (Awall.id) – KONI Jateng akan terus mengintesifkan monitoring dan evaluasi (Monev) pada persiapan cabang olahraga menghadapi PON XXI Aceh-Sumut 2024, mendatang.

Wakil Ketua II KONI Jateng Soedjatmiko menyebut selama tiga bulan menjelang ajang empat tahunan tersebut, sejumlah cabang menghadapi permasalahan. Seperti persoalan organisasi dan atlet/pemain yang cedera atau pindah.

“Mulai Juni ini, seluruh cabang olahraga harus sudah melakukan sentralisasi latihan. Tidak ada lagi desentralisasi. Jadi, kami akan lebih intensif melakukan monev,” ungkapnya dihadapan awak media dalam acara Coffe Morning di Kantor KONI Jateng, Rabu (5/6/2024).

Terkait permasalahan yang dialami cabang olahraga, dirinya menuturkan akan berusaha keras untuk mencari solusi.

“Salah satu cabang ada permasalahan internal, kami pun berusaha menengahi permasalah tersebut. Agar persiapan semakin maksimal, selain itu juga terkait dana bantuan yang harus segera diberikan,” tandasnya

KONI Jateng juga memantau perkembangan daerah lain seperti DI Yogyakarta, Kaltim, dan Bali serta tuan rumah. Soedjatmiko melihat, sebagai provinsi kecil, Bali dan DI Yogyakarta mengalami perkembangan yang signifikan.

hal itu dilihat dari hail babak kualifikasi PON XXI. Untuk tuan rumah, harus mewaspadai faktor non teknis, sebab dia sudah menengarai adanya emas pesanan.

Sedangkan, Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana mengatakan sport intelligent diperlukan untuk menganalisis kekuatan lawan.

Analisis ini dibutuhkan untuk persiapan yang maksimal. Dia juga menyoroti pentingny publikasi agar semangat atlet semakin tinggi.

“Karena itu, kami mendorong agar media bisa memberi ruang pemberitaan pada persiapan cabang olahraga,” katanya.

Disisi lain, Ketua Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid berharap, hasil babak kualifikasi (BK) linier pada PON XXI nanti. Pada BK PON, Jateng meraih 117 emas, 117 perak, dan 125 perunggu. Hasil ini menempatkan Jateng pada posisi keempat.

“Melihat hasil babak kualifikasi, ada potensi Jateng berhasil ke empat besar. Hasil PON XX Papua lalu, pasti sudah menjadi evaluasi bagi KONI Jateng,” tambahnya.

Sebagai informasi, Jateng meloloskan 851 atlet/pemain pada 689 nomor pertandingan/perlombaan PON XXI nanti. Total kontingen Jateng sebanyak 1181 orang yang terdiri dari atlet/pemain, pelatih-ofisial, dan tim pendukung. (BA)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *