Pengumuman Hasil Pemilu 2024 Dipastikan Tepat Waktu

JAKARTA (Awall.id) – Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan, hasil rekapitulasi akhir perhitungan suara Pemilu 2024 akan diumumkan tepat waktu, yakni pada 20 Maret.

“Masih tepat waktu, sesuai dengan undang-undang, 35 hari setelah pencoblosan akan kita umumkan, masih sesuai,” kata Hadi di Kantor Kementerian LHK, Jakarta, Kamis (14/3).

Menyinggung adanya gejolak massa yang beberapa kali menggelar demo karena merasa kurang puas dengan hasil Pemilu, Hadi pernah menyebutnya sebagai riak-riak kecil.

Hadi menyebut gejolak massa jelang pengumuman rekapitulasi perhitungan suara masih cenderung normal saat ini.

Menurutnya, Kemenko Polhukam sudah turun ke lapangan dan melihat respons masyarakat terkait Pemilu 2024. Menurutnya, masyarakat tetap damai dan beraktivitas seperti biasa tanpa meributkan gelaran pemilu itu.

“Ah, itu kan riak-riak kecil lah, riak-riak kecil,” kata Hadi di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

KPU saat ini tengah menggelar rekapitulasi hasil suara Pemilu 2024 tingkat nasional di setiap provinsi.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Sejauh ini terdapat 21 provinsi yang direkapitulasi di tingkat nasional hingga Rabu (13/3). Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul di seluruh provinsi tersebut.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *