Real Count KPU Minggu Pagi, Prabowo-Gibran Makin Tak Terkejar

JAKARTA (Awall.id) – Berdasarkan hitung sementara atau real count Komisi Pemilihan Umum (KPU), suara pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, makin tak terkejar dari dua paslon lainnya.

Pada unggahan data hasil perolehan suara pemilu 2024 sampai Minggu (18/2) pagi pukul 05.51 WIB, hasil real count Pemilu yang diumumkan KPU sudah mencapai 66,61 persen atau 548.354 TPS dari 823.236 TPS di seluruh Indonesia.

Dari jumlah itu Prabowo-Gibran meraup 49,7 juta atau 57,95 persen suara penduduk Indonesia. Angka ini jauh dibanding dua paslon lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pasangan calon presiden nomor urut 01 yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) mendapat sekitar 21 juta suara atau 24,48 persen.

Kemudian, pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di posisi buncit dengan 15 juta suara atau 17,57 persen dari total suara masuk.

Lumbung suara Prabowo-Gibran sehingga unggul dalam hitungan sementara ini berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Prabowo-Gibran menang di tiga provinsi tersebut.

Sedangkan Anies-Muhaimin menguasai Aceh dan Sumatera Barat. Anies-Muhaimin juga bersaing dengan Prabowo-Gibran di DKI Jakarta. Sedang pasangan Ganjar-Mahfud hanya unggul untuk dapil Luar Negeri. Ganjar-Mahfud dapat 122 ribu suara, sedangkan Prabowo-Gibran 119 ribu, dan Anies-Muhaimin 76 ribu.

Hasil suara resmi yang akan ditetapkan oleh KPU adalah penghitungan suara manual yang dilakukan secara bertingkat dari kecamatan, Kabupaten/Kota hingga ke nasional.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *