Kejuaraan USM Karate Championship Piala Rektor USM Ke-1 Resmi Dibuka

SEMARANG (Awall.id) – Kejuaraan USM Karate Championship Piala Rektor USM Ke-1 National Open and Festival Category yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Universitas Semarang (USM), telah resmi dimulai yang berlangsung di Gelora Prof. Sudarto SH USM pada Sabtu (24/2/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, bersama dengan Sekretaris Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Jawa Tengah, Sumartono MPd., beserta jajarannya dan Ketua Umum Forki Kota Semarang, Tegoeh Tri Adijanto MM.

“Kami dari USM mengucapkan terima kasih banyak, tentunya apresiasi dari semua pihak yang mendukung acara ini. Kegiatan ini menjadi salah satu momentum kita untuk meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga seluruh atlet di Indonesia, karena kita tahu sendiri bahwa pengembangan atlet yang paling maksimal itu di perguruan tinggi dan USM telah menjalankannya,” ucap Junaidi.

Adapun berbagai macam hadiah yang akan didapatkan oleh para pemenang dalam kejuaraan tersebut salah satunya beasiswa kuliah di USM.

“Beasiswa itu kita lakukan pembinaan, tidak terus USM itu memberikan gratis selesai seperti itu, jadi atlet juga harus menjaga rutinitas dia sebagai atlet, kemampuannya, akademiknya, akan kita pantau terus, setiap semester juga kita pandu. Karena kita bukan hanya kampus yang menerima atlet, tetapi juga membina atlet agar menjadi atlet yang maju dan berkembang”, ungkapnya.

Junaidi berharap dengan adanya Kejuaraan USM Karate Championship Piala Rektor USM Ke-1 dapat terus ditingkatkan sehingga kedepannya dapat menyelenggarakan pertandingan di kancah internasional.

“Hari ini USM membuktikan bisa melaksanakan kegiatan tingkat nasional dan kedepannya kita bisa membuat pertandingan tingkat internasional jika ada dukungan semua pihak. Saya berharap kegiatan ini akan menjadikan prestasi para mahasiswa USM, prestasi atlet di Indonesia terus berkembang, sehingga akan memajukan Indonesia di masa yang akan datang”, ujarnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Umum Forki Jawa Tengah, Sumartono MPd, yang berharap kejuaraan tersebut dapat terus berlanjut setiap tahun mengingat USM telah memiliki fasilitas yang memadai.

“Semoga kejuaraan ini melahirkan atlet-atlet baru serta kami mendukung terselenggaranya kegiatan ini, dan mudah-mudahan berlanjut setiap tahun. Karena saya lihat fasilitas sudah ada, untuk SDM sekarang mungkin masih tahap belajar, jadi sudah kami berikan beberapa wawasan, penjelasan dan arahan, semoga tahun depan akan lebih bagus”, kata Sumartono.

Disisi lain, Ketua  Umum Forki Kota Semarang, Tegoeh Tri Adijanto, MM, mengapresiasi USM dan berharap kejuaraan karate tersebut dapat diselenggarakan setiap tahun, serta dapat melahirkan bibit-bibit atlet yang berkualitas sekaligus bisa mendukung atlet-atlet Forki Jateng maupun di Kota Semarang.

“Saya memberikan apresiasi kepada USM, karena kegiatan ini sudah lama sekali direncanakan dan baru sekarang terealisasi. Tadi disampaikan Pak Wakil Rektor kalau bisa satu tahun dua kali diselenggarakan, dan itu akan luar biasa jika bisa terealisasikan, jadi semacam berkesinambungan terus dalam satu tahun”, tandas Tegoeh.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *