International Office USM Gelar “Winter Camp 2024” di Desa Wisata Lerep

SEMARANG (Awall.id) – International Office Universitas Semarang (USM) menggelar Winter Camp 2024 pada 23–29 Februari 2024 di Desa Wisata Lerep, Kabupaten Ungaran serta di Kampus USM.

Adapun kegiatan dalam Winter Camp 2024 ini di antarannya, Environment Seminar Goal 13 and 15, Lukis Caping, Rice Planting and Field Cultivating, Pawai Obor, Hiking to Curug Lawe, Seminar Related to “Food Sustainable” SGD’s goal 2.

Selanjutnya, Learning Indonesian Culture and Batik Process at Merby Club, Campus Tour USM, Mangrove Planting, Sendratasik Jawa (traditional dance and instruments), SDGs speech arranged by Student Affairs Unit, Diskusi dengan mahasiswa USM, City Tour, dinner, dan lain-lain.

Kepala Satuan Internasional Office USM, Faisal Yusuf BA MM MBA mengatakan, Winter Camp 2024 di USM mengenalkan mahasiswa pada mahasiswa asing, mempererat persahabatan, dan mendorong rasa percaya diri mahasiswa USM untuk berkompetisi di tingkat internasional.

Kegiatan ini menjadi sarana untuk berbagi kekayaan budaya Indonesia, dan mendukung misi internationalisasi USM.

”Tujuan Winter Camp 2024 untuk memperkenalkan mahasiswa USM kepada mahasiswa internasional serta menegaskan bahwa kami adalah bagian integral dari masyarakat global. Selain itu, kami juga ingin berbagi kekayaan budaya Indonesia dengan mereka,” katanya.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk memperkuat hubungan persahabatan dengan mahasiswa asing dan memberikan dorongan kepada mahasiswa USM untuk lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara, serta menumbuhkan kepercayaan diri untuk bersaing di level internasional.

”Inilah pentingnya internasionalisasi bagi kami,” ujarnya.

Dia menambahkan, Winter Camp menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi mahasiswa dan kampus USM untuk memperkuat citra USM. Dia ingin kampus USM dikenal sebagai tuan rumah yang ramah, menyenangkan, dan penuh dengan pelayanan yang baik.

”Hasil dari kegiatan ini akan tercermin dalam laporan-laporan yang mereka buat. Pelayanan yang kami berikan kepada mereka akan tercermin dalam umpan balik yang positif dalam laporannya, yang pada akhirnya akan menjadi bagian dari strategi promosi USM,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan diikuti 20 peserta antara lain Maria Saskia Ferrer, Matthew McPherson (Douglas College-Canada), Yingying Wei, Bingyu He, Mengyan Zhang, Qingfeng Liu (Sias University–China), Muhammad Nuur Iqmal Abu Bakar, Alya Nur Sabrina Shahruddin, Nur Adlynna Mohd Khalid, Mohd Azzmier Roslie, Nur Amira Abdul Rahim (Universiti Kebangsaan Malaysia).

Kemudian Russell Jay Amoroso (University of Mindanao–Philippines), Justine Joyce Tena (Central Luzon State University–Philippines), Justine Joyce Tena (Filamer Christian University–Philippines), Shen Min-Tzu (National Chung Cheng University–Taiwan), Linh My Mai (National Kaohsiung University of Science–Vietnam).

”Selain mereka, juga ada mahasiswa asing yang saat ini menempuh kuliah di USM yakni Nana Asare Owusu Sekyere (Ghana), Abdul Rahman Bin Rahim (Singapore), Nelson Fernandes Da Costa (Timor Leste), dan Denilsia Guilda Carmar Moniz (Timor Leste),” tandasnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *