Paus Fransiskus Buka Tahun Yubileum 2025 di Vatikan

SEMARANG (Awall.id) – Paus Fransiskus akan secara resmi membuka Tahun Yubileum 2025 di Vatikan dengan membuka Pintu Suci pada hari Selasa, 24 Desember 2024. Tanggal ini telah disetujui oleh Paus Fransiskus dan tercantum di program yang dapat diakses melalui situs Yubileum https://www.iubilaeum2025.va/en.html.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pastor Markus Solo Kewuta SVD dari Dikasteri Dialog Antarumat Beragama Vatikan melalui pesan WhatsApp yang diterima di Jakarta pada Jumat (26/01/2024).

Untuk mengetahui kapan secara resmi pintu tersebut akan ditutup, Pastor Marco menjelaskan bahwa informasinya akan diumumkan oleh Paus Fransiskus pada tanggal 9 Mei 2024 melalui sebuah Bulla yang akan diterbitkan pada hari tersebut. Ia menambahkan, “Bersabar ya?” sambil memberikan informasi tersebut.

Pastor Marco menjelaskan bahwa mulai dari tanggal 25 Desember 2024 hingga penutupan resmi setahun kemudian (akhir tahun 2025), umat akan memiliki kesempatan untuk melakukan ziarah dengan berjalan kaki sekitar 500 meter. Mereka dapat berdoa dan bernyanyi, memulai perjalanan dari Sungai Tiber dekat Castel Sant’Angelo hingga mencapai Pintu Suci (Holy Door) dan selanjutnya masuk ke dalam Basilika Santo Petrus Vatikan.

Ia menekankan bahwa ziarah ini memiliki makna yang mendalam, mengingat Pintu Suci hanya dibuka setiap 25 tahun sekali. Namun, Paus memiliki hak prerogatif untuk membukanya kapan saja secara resmi dan menyelenggarakan tahun khusus dengan tema tertentu. Sebagai contoh, Paus Fransiskus membuka Pintu Suci tahun 2015 sampai 2016 dengan tema “Kerahiman”, meskipun seharusnya baru dibuka lagi pada tahun 2025.

Pastor Marco juga mengungkapkan tema Tahun Yubileum 2025, yaitu ‘Peziarah-peziarah Harapan’ (Pilgrims of Hope). Ia mengakhiri pesannya dengan mengatakan, “Selamat berpikir, selamat merasa tertarik, selamat memutuskan, selamat berziarah.”

Bagi yang ingin mengurus tiket masuk dan mendapatkan informasi penting, Pastor Marco menyarankan untuk menghubungi tim penyelenggara melalui formulir yang dapat diisi pada website resmi Yubileum 2025 berikut: https://www.iubilaeum2025.va/en/contatti.html.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *