Pertamina SMEXPO Semarang 2023 Hadirkan Puluhan UMKM Unggulan Jateng

SEMARANG (Awall.id) – Jadi ajang yang sangat bergengsi dan dinantikan oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Tengah.

Pertamina Small Medium Enterprise atau (SMEXPO) Semarang 2023, pameran UMKM binaan PT Pertamina (Persero) yang digelar di Paragon City Mall Semarang, di selenggarakan 3-5 November 2023.

Pertamina SMEXPO Semarang 2023 sebagai wadah utama bagi UMKM lokal di wilayah Jawa Tengah untuk memamerkan potensi dan meningkatkan kehadiran mereka dalam pasar nasional maupun internasional.

Salah satu alasan utama mengapa SMEXPO 2023 telah menjadi ajang yang sangat prestisius adalah fokusnya yang tajam pada UMKM lokal. Dalam pameran ini, UMKM Jawa Tengah memiliki kesempatan luar biasa untuk memamerkan produk dan layanan mereka kepada audiens yang beragam, termasuk para pengusaha besar, investor, dan konsumen.

Pertamina SMEXPO Semarang 2023 menarik perhatian banyak pihak karena pengorganisasian yang luar biasa dan fokusnya pada UMKM.

Melibatkan lebih dari 30 UMKM dari seluruh Jawa Tengah yang memamerkan produk dan layanan mereka kepada ribuan pengunjung yang datang.

Ini memberikan kesempatan langka bagi UMKM untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan potensial, mencari mitra bisnis, dan meningkatkan penjualan.

*Tingkatkan Penjualan Lewat Pertamina SMEXPO Semarang 2023*

Pertamina SMEXPO Semarang 2023 telah membuktikan dirinya sebagai platform yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan eksposur bisnis UMKM.

Sakib Romadoni, pelaku UMKM binaan Pertamina Patra Niaga yang jadi salah satu tenant dalam SMEXPO Semarang 2023, mengaku mengalami kenaikan penjualan dibandingkan hari-hari biasa.

“Kami bahagi karena kami bisa menjajakan dan memperkenalkan produk kami dengan lebih luas. Sehingga para pengunjung yang datang bisa melihat, mencicipi, kemudian bisa bertransaksi dengan kami,” ujarnya, Jumat (3/11).

Pertamina SMEXPO Semarang 2023 bukan hanya pameran bisnis biasa, ini adalah kesempatan bagi UMKM lokal untuk menyelami peluang bisnis, menjangkau pasar yang lebih luas, dan tumbuh bersama-sama.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, acara ini berpotensi membawa manfaat jangka panjang bagi ekonomi.

Dengan meningkatnya eksposur dan pengetahuan tentang produk UMKM, diharapkan UMKM akan semakin dikenal dan tumbuh pesat.

Selain itu, acara ini juga menjadi contoh bagaimana perusahaan besar seperti Pertamina dapat berperan dalam mendukung perkembangan UMKM dan mendorong ekonomi yang lebih inklusif.

Dukungan dari Pemerintah

Pertamina SMEXPO Semarang 2023 diharapkan dapat memberikan kesempatan UMKM untuk mengeksplorasi pasar internasional dan berinteraksi dengan pengusaha, calon investor, serta pelanggan potensial dari berbagai negara. Ini membuka pintu bagi mereka untuk memperluas jangkauan bisnis mereka dan meningkatkan daya saing di pasar global.

Situasi ramai pengunjung saat pembukaan Pertamina SMEXPO Semarang 2023, yang di gelar di Paragon City Mall Kota Semarang, Jumat (3/11).

Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan Pertamina SMEXPO Semarang. Menurutnya UMKM merupakan salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia.

“Pameran ini adalah salah satu amunisi untuk UMKM, saya apresiasi Pertamina telah support UMKM naik kelas, untuk warga Semarang kita harus mendukung para pelaku UMKM dengan membeli produk-produknya. Saya mengajak warga Semarang untuk datang ke acara Pertamina SMEXPO Semarang,” seru Walikota Semarang.

Kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta seperti ini adalah kunci untuk memajukan UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Tumbuhkan Ekonomi Lewat UMKM

Pertamina SMEXPO Semarang 2023 telah membuktikan dirinya sebagai pelopor dalam mendukung UMKM Jawa Tengah untuk dikenal di dunia.

Salah satu aspek terpenting dari Pertamina SMEXPO Semarang adalah pameran produk UMKM. Dalam lingkungan yang dipenuhi dengan berbagai jenis kerajinan tangan, makanan khas, tekstil, dan barang-barang unik lainnya, para pelaku UMKM memiliki kesempatan emas untuk memamerkan keahlian mereka kepada dunia.

Pengunjung dari berbagai belahan dunia turut hadir untuk mencari produk yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang kuat.

Aji Anom Purwasakti, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga turut menyampaikan harapannya pada acara ini.

”Kami berharap masyarakat akan melakukan pembelanjaan produk-produk yang ditawarkan dalam kegiatan ini, sehingga tidak hanya dapat meningkatkan ekonomi bagi para pelaku UMKM yang kami bina tapi juga bagi perekonomian Indonesia,” pungkasnya

Pertamina SMEXPO Semarang 2023 bukan hanya sekadar pameran bisnis, tetapi sebuah wujud komitmen untuk membawa UMKM Jawa Tengah ke pasar global.

Acara ini telah menjadi katalisator yang membantu pertumbuhan ekonomi di wilayah ini, serta memberikan inspirasi kepada komunitas bisnis lokal untuk meraih kesuksesan di tingkat internasional.

Area Manager Communication, Relation & CSR Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho menjelaskan Pertamina SMEXPO Semarang merupakan salah satu bentuk dari pembinaan terhadap pelaku UMKM dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan, memperluas akses pasar, hingga berujung pada pertumbuhan ekonomi. Menurutnya hal tersebut merupakan implementasi Pertamina terhadap prinsip yang bertanggungjawab pada ESG (Environmental, Social, Governance).

“Selain itu kegiatan ini juga ikut berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), utamanya poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi),” tutupnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *