Daop 4 Lakukan Perbaikan Jalur KA di Perlintasan Sebidang Kaligawe Semarang, Arus Jalan Raya Akan Diterapkan Sistem Buka Tutup

SEMARANG (Awall.id) – Selama 15 (lima belas) hari terhitung mulai Senin 6 November sampai dengan Senin 20 November 2023, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang akan melakukan perbaikan jalur rel kereta api pada perlintasan sebidang di JPL (Jalan Perlintasan Langsung) 5 Jalan Kaligawe Semarang. Perbaikan ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA khususnya di jalur rel yang berpotongan dengan jalan raya.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menjelaskan bahwa perlintasan sebidang yang berada di Jalan Kaligawe tersebut, akan dilakukan pengangkatan dan peninggian kontruksi rel setinggi 15 centimeter. “Hal ini dilakukan untuk menyamakan geometri pada kanan kiri jalur rel yang berada pada perlintasan sebidang tersebut, sekaligus melakukan perawatan konstruksi rel yang selama ini sering dilalui kendaraan,” ungkapnya.

Pekerjaan perbaikan perlintasan sebidang yang dilakukan meliputi pembongkaran aspal yang berada di kanan kiri rel yang dilanjutkan perbaikan geometri jalur. “Perbaikan dilakukan untuk menyamakan geometri rel pada sisi kanan maupun kiri perlintasan. Setelah jalur dinyatakan stabil, kemudian akan dilakukan pengaspalan kembali,” jelas Franoto.

Selama proses perbaikan, KAI bersama pihak kepolisian setempat akan melakukan pola rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem buka tutup jalan raya. “KAI menyampaikan permohonan maaf atas penerapan sistem buka tutup ini, kami menghimbau kepada masyarakat dan penguna jalan raya yang melintas di lokasi tersebut untuk lebih berhati-hati. Karena selain terdapat tumpukan material, juga terdapat lalu lalang para pekerja proyek,” tandasnya.

KAI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan kereta api. “Dengan adanya perbaikan ini, diharapkan dapat menciptakan kondisi operasi kereta api yang aman, nyaman dan selamat, sekaligus sebagai kesiapan KAI dalam menghadapi musim hujan serta masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Daop 4 Semarang,” tutup Franoto.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *