PJ Gubernur Jateng : ASN Pemprov Jateng Harus Jadi Contoh Baik Bagi Masyarakat

SEMARANG (Awall.id) – Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana AS, MM, mengajak para ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi contoh baik bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Pj gubernur saat menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Rabu (20/9/2023) di Gradhika Bhakti Praja Semarang.

Menurutnya, keteladanan dari ASN penting, di tengah beragamnya komponen masyarakat Jateng pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

Nana meminta agar semangat saling menghargai menjadi dasar kehidupan bersama. Selain itu, sikap toleransi juga penting agar kerukunan antar masyarakat terbangun dengan baik.

“Mari kita hargai keberagaman di negeri ini, yang kita tahu, kita mempunyai suku, budaya, kemudian agama, yang beragam itu. Dan ini semuanya adalah sudah merupakan ketentuan dari Allah SWT. Jadi kita hargai,” kata Nana.

Nana menjelaskan spirit kebersamaan, keguyuban, kegotong-royongan, harus dikembangkan. Modal sosial tersebut, lanjutnya, akan membawa kehidupan masyarakat yang aman dan damai.

“Apalagi kita ke depan akan menghadapi beberapa agenda yang penting, yaitu kita akan menghadapi pelaksanaan pemilu dan pilkada. Ya termasuk di Jawa Tengah ini. Kita harapkan kita mampu untuk mengawal ya, dan menjaga pelaksanaan proses tersebut,” imbuhnya.

Pj gubernur juga berpendapat bahwa hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Rabiul Awal dan diperingati dalam Maulid Nabi merupakan momentum istimewa untuk merenungkan kehidupan dan ajaran Rasulullah.

Menurutnya, Rasulullah adalah sosok teladan bagi umat muslim dalam menjalankan kehidupan. Melalui Rasulullah, umat muslim belajar menjadi manusia yang mencintai sesama, belajar perdamaian, dan bertoleransi.

“Sebagai umat Islam, sudah semestinya kita meneladani sifat Nabi Muhammad SAW yaitu sidiq, jujur, amanah ya – dapat dipercaya, tabligh – menyampaikan, dan fathonah – cerdas,” katanya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *