Kalahkan Incumbent, Hendri Ch Bangun Terpilih Ketua PWI 2023-2028

Hendri Ch Bangun, Ketua PWI Pusat 2023-2028
Hendri Ch Bangun, Ketua PWI Pusat 2023-2028

BANDUNG (Awall.id) – Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) XXV di Bandung yang berlangsung tanggal 25-26 September 2023 di Hotel El Bandung, Rabu dini hari berakhir. Kongres yang berlangsung dua hari itu dibuka Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (25/9), dan diikuti oleh pengurus PWI Provinsi seluruh Indonesia.

Wartawan senior Hendri Ch Bangun akhirnya terpilih menjadi Ketua PWI Pusat periode 2023-2028 usai mengalahkan rival terberatnya yang juga petahana, Atal Sembiring Depari, dengan selisih enam suara. Hendri Ch Bangun meraih 47 suara, sedangkan Atal S Depari meraup 41 suara.

Sementara wartawan senior asal Jawa Tengah, Sasongko Tedjo, terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan untuk periode 2023-2028. Sasongko Tedjo yang sebelumnya Sekretaris Dewan Kehormatan terpilih secara aklamasi.

Pemilihan Ketua PWI berlangsung dramatis dan memakan waktu sampai dini hari. Incumbent Atal Sembiring Depari gagal terpilih kembali sebagai Ketua Umum PWI Pusat 2023-2028 karena kalah selisih enam suara.

Ketua Umum terpilih Hendri CH Bangun adalah rival Atal Sembirin Depari pada Kongres PWI di Solo 2018.

Pemilihan Ketum berlangsung ketat dengan dua putaran. Putaran pertama diikuti tiga calon yakni Atal S Depari memperoleh 40 suara, Hendri Ch Bangun, 39 dan Zulmansyah Sakedang 9.

Untuk putaran kedua hanya dua calon yakni Atal S Depari dan Hendri Ch Bangun. Dan sampai pemilihan dini hari akhirnya Hendri Ch Bangun menang dengan mendapat 47 suara dan Atal 41 suara.

Ini menunjukan bahwa Hendri mampu mengambil suara pemilih Zulmansyah 8 dan Atal hanya bertambah 1.

Sidang dipimpin Lutfil Hakim (PWI Jatim), Farianda Putra Sinik (PWI Sumut) dan Samsir Hamajen (PWI Maluku Utara).

Mereka menyatakan bahwa Ketum terpilih sekaligus Ketua formatur adalah Hendri Ch Bangun.

“Alhamdulillah, Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI kedepannya. Pemilihan yang berlangsung demokratis dan PWI sebagai rumah bersama, harus semakin kompak dan solid,” kata Hendri.

 

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *