Kabupaten Semarang Jadi Sorotan dalam Pengembangan Sport Tourism

Gantole di Gunung Gajah, Kabupaten Semarang
Gantole di Gunung Gajah, Kabupaten Semarang

KABUPATEN SEMARANG (Awall.id)  – Kabupaten Semarang, yang terletak di wilayah pegunungan, memiliki potensi wisata alam yang menakjubkan. Salah satu destinasi alam yang menarik di Kabupaten Semarang terletak di Kecamatan Getasan, di mana Anda dapat menikmati pemandangan indah pegunungan seperti Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Gajah.

Kabupaten Semarang saat ini sedang fokus mengembangkan jenis pariwisata baru yang dikenal sebagai sport tourism, khususnya di Gunung Gajah, Kecamatan Getasan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Wiwin Sulistyowati, beberapa hari yang lalu.

Di sini, berbagai kegiatan olahraga diadakan, seperti gantole, paralayang, dan perlombaan lari lintas alam. Tidak hanya itu, setiap acara yang digelar di Gunung Gajah selalu berhasil menarik ratusan peserta dari berbagai daerah.

Wiwin Sulistyowati menjelaskan bahwa minat para wisatawan terhadap sport tourism di Gunung Gajah sangat tinggi, terutama terlihat selama acara Gajah Trail Run (GTR) tahun 2023.

“Gunung Gajah menampilkan pesona alam yang luar biasa, dengan rute yang memamerkan keindahan Gunung Telomoyo.

Diharapkan bahwa sport tourism dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Gajah dan pada gilirannya memperkuat ekonomi lokal, terutama usaha-usaha seperti warung makan, homestay, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Guna mendorong partisipasi warga, panitia menyiapkan tenda untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal asal Desa Nogosaren untuk memamerkan berbagai produknya di lokasi penyelenggaraan,” jelasnya.

Sharing:

You may also like...

1 Response

  1. 7 October 2023

    […] Baca Juga: Kabupaten Semarang Jadi Sorotan dalam Pengembangan Sport Tourism […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *