Sespri Johnny G Plate Akui Terima Uang Rp 500 Juta dari Dirut Bakti

Sidang kasus dugaan korupsi proyek penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G yang melibatkan eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate
Sidang kasus dugaan korupsi proyek penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G yang melibatkan eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate

JAKARTA (Awall.id) – Kepala Bagian Tata Usaha (TU) dan Protokol Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Happy Endah Palupy, mengakui menerima uang Rp 500 juta per bulan dari Direktur Utama (Dirut) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Anang Achmad Latif.

Hal itu terungkap saat Happy yang juga Sekretaris Pribadi (sespri) eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) sebagai saksi dalam sidang dugaan korupsi proyek penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G.

Heppy Endah Palupy menjadi saksi dalam persidangan kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G BAKTI Kominfo dengan terdakwa Johnny G Plate, Anang Achmad Latif, dan Yohan Suryanto, Selasa (19/9/2023).

Awalnya, Ketua Majelis Hakim Fahzal Hendri menanyakan hal apa yang menyebabkan Heppy diperiksa oleh penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung). Heppy kemudian menyebutkan perihal penerimaan uang.

“Benar saudara nerima yang dari Anang Achmad Latif?” tanya Hakim.

“Benar Yang Mulia,” jawab Heppy.

Kemudian, Fahzal mencecar saksi berapa uang yang ia terima dari mantan Dirut Bakti tersebut.

“Berapa nerima uang?” tanya Fahzal.

“Kalau yang dari Pak anang itu sekitar Rp500 Yang Mulia,” jawab Heppy.

“500 apa?” cecar Hakim.

“Rp500 juta,” jawab saksi.

Heppy menuturkan uang tersebut ia terima dalam 20 kali penerimaan. Penerimaan tersebut tidak diserahkan secara langsung oleh Anang Achmad Latif.

“Saya diminta menunjuk satu orang untuk mengambil, apa ya istilahnya saya lupa pembicaraannya seperti apa, intinya saya diminta menunjuk satu orang untuk mengurusi penerimaan uang itu, tapi saya lupa istilah yang dipakai apa waktu itu Yang Mulia,” ungkapnya.

Heppy melanjutkan, pemberian uang tersebut berawal dari obrolannya dengan Anang. Obrolan tersebut terjadi usai Anang dipanggil ke Johnny G Plate ke ruangannya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *