Cegah Bencana Banjir, Pemkot Semarang Laksanakan Normalisasi Sungai

SEMARANG (Awall.id) – Untuk mengatasi persoalan banjir saat musim hujan, Pemkot Semarang melakukan pengerukan sedimentasi di aliran Sungai Banjirkanal Barat, tepatnya di wilayah Semarang Indah. Apalagi sedimentasi di wilayah itu dinilai sudah sangat tinggi, sehingga perlu dilakukan penanganan.

Choirul Iman, Kepala UPTD Pompa Banjir Wilayah Barat Pemkot Semarang mengatakan, normalisasi Kali Semarang Indah merupakan program rutin yang dilaksanakan tiap tahun.

“Untuk pengerukan di wilayah Semarang Indah, rencananya akan dilaksanakan awal tahun, tapi dikarenakan keterbatasan alat maka agak mundur di bulan Juli. Pendangkalan di sungai wilayah Semarang Indah juga makin tinggi, maka coba dimaksimalkan dengan pengerukan,” katanya, Jumat (21/7/2023).

Pengerukan memang rutin dilakukan guna mengantisipasi dampak saat musim hujan, agar tak terjadi banjir. Apalagi wilayah tersebut merupakan tarikan pompa di Tawang Mas, di sistem Banjirkanal Barat.

“Pembersihan kita mulai pekan ini. Dalam sepekan sudah ada sedimen hasil pengeruhan sebanyak 50 dump truk. Program ini dilanjut, target sampai tiga pekan ke depan. Ada sekitar 500 meter sepanjang sungai yang akan kami keruk. Tepatnya dari jembatan di Semarang Indah menuju hilir sungai,” katanya.

Namun untuk kawasan hilir sungai, normalisasi belum bisa maksimal karena talut di sisi sungai sudah ada yang miring. “Jadi pengerukan gak bisa dalam, dan harus hari-hari. Kendala lain adalah banyaknya enceng gondok, serta keterbatasan alat. Alat berat yang kami gunakan untuk pengerukan, harus gantian dengan pekerjaan lain. Jika ada keperluan khusus dan mendesak, pengerukan kami stop dulu karena alat dibawa ke sana,” pungkasnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *