Sentra Kuliner “Teras Gunung”: UMKM Binaan PLN yang Berada di Bawah SUTET

KABUPATEN SEMARANG (Awal.id) – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran sentral dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Melalui UMKM, roda perekonomian di daerah akan bergerak. Pergerakan ini menjadi bagian dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi secara nasional. Selain itu, munculnya UMKM baru juga akan sangat membantu dalam penyerapan tenaga kerja dan juga meciptakan kreatifitas yang sejalan dengan usaha untuk mempertahankan dan mengembangkan unsur-unsur tradisi dan kebudayaan masyarakat.

Adalah PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) melalui Program PLN Peduli yang terus berkomitmen untuk mengembakan UMKM yang berada di wilayah kerjanya. Salah satunya adalah Sentra Kuliner “Teras Gunung” yang berlokasi di Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Bekerjasama dengan Kelurahan Candirejo beserta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Teras Gunung, PLN UIP JBT memberikan bantuan dana untuk pengembangan sarana dan prasarana pedagang UMKM di kawasan sentra kuliner tersebut.

Pengembangan sarana dan prasarana dilakukan untuk menambah kenyamanan bagi pelanggan serta menambah lapak untuk pedagang baru. Daya listrik di sentra kuliner tersebut juga ditambah menjadi 3.500 Volt Ampere (VA) untuk memenuhi kebutuhan aktivitas pedagang. Tidak berhenti disitu, para pedagang dan pengelola Kawasan kuliner tersebut akan diberikan pelatihan serta pendampingan agar dapat semakin berkembang menuju UMKM Naik Kelas.

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS menjelaskan bahwa program bantuan pengembangan UMKM ini selain sangat bagus dan bermanfaat juga memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Dari sisi masyarakat mendapatkan bantuan pengembangan UMKM, sedangkan dari sisi PLN akan mendapatkan keuntungan dari pemakaian listrik yang digunakan. Menurutnya ini adalah metode Creating Shared Value (CSV) dimana upaya meningkatkan manfaat sosial dapat dilakukan proses bisnis perusahaan.

“Kami sangat senang dapat turut serta membantu pengembangan UMKM di Sentra Kuliner Teras Gunung ini. Kami juga berharap Sentra Kuliner ini dapat dikelola dengan sebaik mungkin sehingga dapat terus berkembang ke depannya,” tutur Djarot.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Kmounikasi, Achmad Ismail turut menambahkan bahwa lokasi dari kawasan Sentra Kuliner “Teras Gunung” ini sangat unik karena berada di bawah lintasan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET). Menurutnya, hal ini dapat menjadi edukasi bagi masyarakat tentang amannya beraktivitas di bawah instalasi listrik dengan tegangan tinggi tersebut.

“Ini adalah contoh serta edukasi yang baik, ya. Selama ini, mungkin ada beberapa kekhawatiran masyarakat tentang keamanan beraktivitas di bawah SUTET. Ini adalah contoh yang diaplikasikan oleh teman-teman Pokdarwis Teras Gunung. Jadi, harapan kami ke depan kekhawatiran berkativitas di bawah SUTET sudah tidak ada lagi, karena ini sangat aman,” ungkap Ismail.

Selain pengembangan sarana dan prasarana, bantuan dana juga dipergunakan untuk peningkatan fasilitas dan daya tampung pengunjung agar dapat meningkatkan omset para pedagang di Kawasan kuliner tersebut mengingat lokasinya yang sangat strategis dan pemandangan pegunungan yang disajikan menjadikan kawasan ini sebagai salah satu pilihan wisata kuliner di kabupaten Semarang.

Program bantuan ini sendiri merupakan wujud upaya PLN dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang sejalan dengan dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nomor 1 dan 8, yaitu Menghapus Kemiskinan; Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Sharing:

You may also like...

1 Response

  1. 30 September 2023

    […] Baca Juga: Sentra Kuliner “Teras Gunung”: UMKM Binaan PLN yang Berada di Bawah SUTET […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *