Penjualan Parsel UMKM 2022 Diyakini Melebihi Tahun Sebelumnya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melihat beragam bentuk parcel hasil kreasi UMKM Jateng, usai melaunching Sinergi Parcel Lebaran atau gerakan penjualan parsel UMKM 2022, di Hotel Gumaya, Selasa (22/3)
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melihat beragam bentuk parcel hasil kreasi UMKM Jateng, usai melaunching Sinergi Parcel Lebaran atau gerakan penjualan parsel UMKM 2022, di Hotel Gumaya, Selasa (22/3)

SEMARANG (Awal.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melaunching gerakan penjualan parsel UMKM 2022 atau Sinergi Parcel Lebaran, di Hotel Gumaya, Semarang, Selasa (22/3/2022). Gerakan ini tahun sebelumnya juga sudah berlangsung.

Kepala Dinkop UKM Jateng, Ema Rachmawati mengatakan, pada penjualan parsel UMKM 2021 jumlahnya mencapai Rp 2.014.809.600,00 Jumlah itu menurutnya, terkumpul dalam kurun dua minggu.

Oleh karena itu, ia yakin dengan persiapan matang, penjualan parsel UMKM tahun ini melebihi nilai tersebut. Nantinya, Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah, akan berkoordinasi dengan Asosiasi Pengusaha Oleh-Oleh (ASPO), sebagai jangkar bagi produk UMKM.

Baca Juga:  Berjasa Tangani Pandemi, Jokowi Anugrahkan Bintang Jasa kepada 335 Tokoh

“Nah nanti Pemprov kerjasama dengan ASPO. Nanti makanan yang telah dikurasi kemudian dibeli putus oleh asosiasi. Di kabupaten pun demikian, maka para pengusaha juga bisa menikmati hasil jualannya langsung,” urainya.

Tahun ini, pihaknya juga menggandeng marketplace lokal Blibli, untuk mendistribusikan parsel. Itu dilandasi pengalaman, pada 2021 banyak peminat dari luar Jawa Tengah yang ingin membeli produk parsel UMKM.

Namun, karena ketiadaan armada pesanan dari warga umum sulit untuk diantarkan.

Baca Juga:  Awas, Cuaca Buruk saat Malam Tahun Baru

Terkait paket parsel, Ema menyebut ada empat jenis yakni Khalas seharga Rp 200.000, Sukkari Rp 300.000, Medjool Rp 400.000 dan Ajwa Rp 500.000. Selain itu, adapula paket di kabupaten tertentu yang dijual mulai dari harga Rp 75 ribu.

Oleh karena itu, ia mengajak dinas, BUMN/BUMD dan pemerintah tingkat dua ikut serta. Adapun, proses penawaran paket parsel akan dimulai tanggal 22 Maret hingga 1 April 2022. Diikuti dengan rekapitulasi pesanan tanggal 4 April dan pendistribusian pada tanggal 25-27 April 2022.

Baca Juga:  BOB Selenggarakan Coaching Clinic Videografi ’Hunting Pasar dan Bersuka Ria Merekam Kota’

“Blibli akan menawarkan untuk masyarakat umum, jadi ada pesanan serahkan ke UKM yang kirim Blibli. Karena tahun lalu kita ada pesanan dari Jakarta, Kalimantan, Bandung dan Bogor kita tak punya armada sehingga tak bisa kirim. Nanti sampai H-7 stop, karena teman-teman UKM mau lebaran,” pungkas Ema. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *