Sudah Tahu Kabupaten Semarang Zona Merah, Masih Ada Tempat Wisata Nekat Buka

Bupati Semarang Ngesti Nugraha memberi arahan tentang penerapan prokes di tempat wisata
Bupati Semarang Ngesti Nugraha memberi arahan tentang penerapan prokes di tempat wisata

UNGARAN (Awal.id) – Beberapa hari terakhir ini, wilayah Kabupaten Semarang dinyatakan sebagai zona merah Covid-19. Ironisnya, masih ditemukan tempat wisata yang buka dan membandel beroperasi. Padahal instruksi Pemkab terkait penutupan sementara tempat wisata juga sudah disampaikan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih mengatakan, pihaknya akan terus memantau tempat wisata yang harus ditutup sesuai Instruksi Bupati Semarang.

“Kemarin memang ada teguran kepada pengelola tempat wisata Celosia Bandungan yang pengunjungnya membeludak. Sudah kita tegur dan hari Senin (14/6) tutup,” kata Dewi dalam keterangan tertulis.

Dewi menegaskan, pihaknya tidak akan memberi toleransi pada pengelola wisata yang tetap nekat beroperasi jika kondisi wilayah belum memungkinkan. Dan jika ditemukan pelanggaran berat, maka akan diterapkan sanksi tegas berupa penyegelan tempat usaha berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular.

Terkait kondisi wilayah, Bupati Semarang Ngesti Nugraha terus melakukan inspeksi ke beberapa lokasi wisata dan tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Bahkan Minggu (13/6) lalu, Bupati Ngesti juga berkunjung ke Umbul Sidomukti. Di tempat itu, bupati meminta pengelola untuk menaati instruksi Bupati Semarang Nomor 14 Tahun 2021 untuk menutup tempat wisata guna menekan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Semarang.

“Sedangkan restoran dan tempat makan diperbolehkan buka dengan ketentuan pembatasan pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Bupati menegaskan jika para pengelola tempat wisata terus melanggar instruksi, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas berupa penutupan tempat wisata atau restoran. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *