PT Samator Grup Siap Penuhi Kebutuhan Oksigen Rumah Sakit di Jateng

PT Samator Kendal terus memroduksi oksigen untuk kebutuhan rumah sakit di Jateng
PT Samator Kendal terus memroduksi oksigen untuk kebutuhan rumah sakit di Jateng

KENDAL (Awal.id) – Direktur PT Samator, Budi Susanto mengatakan, produksi oksigen di Kendal memang masih kecil, sekitar 50.000 meter kubik per hari. Sehingga jika harus memenuhi seluruh kebutuhan Jawa Tengah dengan kondisi saat ini, maka itu tidak akan cukup.

“Tapi karena kami bekerja secara group, Samator group itu ada di Jatim dan Jabar. Rekan kami di Jabar dan Jatim sepenuhnya support untuk Jateng. Sehingga, pasokan oksigen untuk Jateng aman,” tegasnya.

Budi Susanto menyampaikan hal itu di sela mendampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang meninjau pabrik PT Samator di Kendal, Rabu (23/6). Kedatangan Ganjar untuk melihat secara langsung proses produkai oksigen di perusahaan itu.

Budi Susanto menambahkan, pihaknya butuh kerja sama dengan pemangku kepentingan, termasuk Pemprov Jateng dan rumah sakit-rumah sakit. Hal itu penting agar tidak terjadi panic buying.

“Kalau dirush, ya akan cepat sekali habis. Maka kami butuh kerjasama dengan pemangku kepentingan untuk pemenuhan itu,” tuturnya.

Gubernur Ganjar juga telah memerintahkan seluruh rumah sakit di Jateng memperbaiki SOP dalam pengadaan oksigen. SOP harus menyesuaikan kondisi darurat saat ini.

“Karena sifatnya darurat, maka semuanya harus kreatif dan inovatif. Tidak boleh seperti kemarin-kemarin, hanya diam saja dan menunggu,” tegasnya.

Pihaknya juga telah menunjuk salah satu BUMD di Jateng untuk terlibat dalam penanganan kebutuhan oksigen. Nantinya, BUMD itu ditugaskan untuk melakukan perbaikan SOP, dari sisi hulu sampai sisi hilir. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *