Gempa Tektonik M3,4 Goncang Kendal

KENDAL (Awal.id) – Wilayah Kabupaten Kendal dan sekitarnya, Selasa pagi tadi (25/5) sekitar pukul 09.10 WIB digoncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG, gempa bumi ini memiliki kekuatan M3,4.

Sementara episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.66 LS dan 109,94 BT, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km arah Barat Daya Weleri -Kendal, pada kedalaman 5 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas di sesar Weleri,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie dalam siaran pers, Selasa (25/5).

Menurut Setyoajie Prayoedhie, hasil analisis sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (Oblique Fault).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kecamatan Plantungan, Sukorejo III MMI, dan Kecamatan Bawang Kabupaten Batang III MMI.  Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Setyoajie meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa. Jika ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, masyarakat jangan kembali dulu ke rumah,” paparnya. (*)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *