Begini Gaya Ganjar dan Buruh Jateng Peringati May Day

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo

SEMARANG (Awal.id) – Ada suasana berbeda pada peringatan Hari Buruh atau May Day di Jawa Tengah, Sabtu (1/5). Peringatan berlangsung penuh canda tawa antara Gubernur Ganjar Pranowo dengan para buruh. Hal itu terjadi saat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menggelar ngobrol dan curhat virtual melaui Zoom.

Ratusan pekerja dari  Purbalingga, Tegal, Pekalongan, Batang hingga Wonogiri bergabung dalam acara tersebut. Suasana zoom pun ger-geran zaat Ganjar mengulik kisah kehidupan buruh dari kondisi lingkungan kerja hingga kisah cinta lokasi di pabrik.

“Coba saya tanya, ada yang pernah ngerumpiin bosnya tidak? Dah ini mumpung May Day, ceritakan,” kata Ganjar.

Forum chat pun ramai, tak sedikit yang mengaku pernah ‘rasan-rasan’ pimpinannya. Salah satu yang menggelitik Ganjar adalah ketika Lita Sugiarti, pekerja pabrik rokok di Purbalingga. Dia mengaku ‘rasan-rasan’ karena bosnya ganteng.

“Bose ganteng pisan esih bujang. Bose kan jarak masuk ke ruang produksi. Sekali masuk itu kharismanya aduhh,” ujar Lita malu-malu dan disambut tawa Ganjar.

Ganjar lantas bertanya bagaimana respon dari teman-temannya yang lain. Menurut Lita, kebanyakan pekerja juga setuju dengannya. Ganjar kemudian bertanya fasilitas buruh dan THR apakah seganteng paras bosnya.

“Alhamdulillah enak. Insyaallah dapat tanggal 4 dibagi penuh,” ujarnya.

Pertanyaan lain juga ditanya oleh Ganjar, soal pengalaman cuti dan cinta lokasi para pekerja. Soal ini Ganjar berbincang dengan Hariyanto Muhammad, buruh asal Batang, yang bekerja di PT Rimba Profil, perusahaan furniture.

“Soal cuti pak, untuk bulan madu. Karena istri dan saya kan liburnya nggak bareng jadi saya mengalah saya yang cuti. Begitu pak,” kata Hariyanto.

Ganjar lalu bertanya Hariyanto, sudah memiliki berapa anak. Mengetahui anak Hariyanto sudah dua, Ganjar lantas mengingatkan agar Hariyanto segera melakukan KB.

“Wis ndang KB, awas lho. Dua saja ora usah akeh-akeh. sudah KB belum? KB-nya apa? suntik? sopo sing nyuntik?,” rentetan pertanyaan Ganjar ini pun membuat Hariyanto terpingkal-pingkal.

“Sudah pak, KB suntik. Tapi ya ndak tau kalau nanti jadi lagi hahaha. Rencananya punya 4,” seloroh Hariyanto.

Obrolan gayeng terus berlanjut dengan sejumlah buruh lainnya. Bahkan Ganjar juga sempat mengadakan lomba nyanyi. Diikuti oleh 4 buruh yang masing-masing menyanyikan lagu pilihannya. Ada yang bernyanyi dangdut, lagu daerah bahkan lagu kebangsaan.

“Nah ini tadi yang nyanyi, yang menang saya kasih hadiah. Sudah saya siapkan,” ujar Ganjar.

Selain berinteraksi langsung, dalam peringatan May Day ini Ganjar juga menggelar lomba bagi buruh. Ganjar dalam kesempatan itu juga berpesan agar para buruh tetap semangat dan tetap menjaga protokol kesehatan, terutama di tempat kerja. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *