Pintu Suci di Vatikan, 293 Hari Lagi Akan Dibuka

VATIKAN (Awall.id) – Pintu Suci di Basilika Santo Petrus di Vatikan akan segera dibuka dalam rangka perayaan Tahun Yubileum 2025, yang ditandai dengan pembukaan resmi pada tanggal 24 Desember 2024 oleh Paus Fransiskus. Dengan hanya tinggal 293 hari lagi atau 41,9 pekan, para peziarah diundang untuk mempersiapkan diri mereka untuk momen bersejarah ini.

Pintu Suci adalah sebuah simbol penting dalam tradisi Katolik, merupakan pintu basilika yang hanya dibuka pada hari Yobel. Ini adalah momen yang sangat dihormati dan dirayakan dalam agama Kristen, menandakan kesempatan untuk pengampunan dosa dan keselamatan yang luar biasa bagi umat beriman.

Menyambut pembukaan Pintu Suci, Padre Marco Solo, satu-satunya pejabat Vatikan dari Indonesia, memberikan penekanan pada pentingnya memahami jadwal acara dan sejarah Pintu Suci tersebut. Para peziarah didorong untuk mengunduh jadwal acara yang tersedia baik melalui situs web resmi maupun aplikasi seluler yang telah disediakan.

“Acara-acara utama Yubileum dapat diunduh dari App Store untuk iOS dan dari Play Store untuk Android. Melalui aplikasi tersebut para peziarah dapat mengunduh Pilgrim Card (Kartu Peziarah) secara gratis. Kartu Peziarah juga tersedia melalui tautan https://register.iubilaeum2025.va/registration ”

Pada perayaan Tahun Yubileum sebelumnya, Paus Fransiskus telah memperluas pembukaan Pintu Suci ke berbagai katedral lainnya di seluruh dunia, memperkuat arti simbolisnya dalam menghubungkan umat dengan kerahiman dan pengampunan Tuhan.

Dalam tradisi Kristen, Pintu Suci melambangkan Kristus sendiri sebagai jalan menuju keselamatan dan pengampunan. Pembukaan Pintu Suci merupakan salah satu ritual penting dalam perayaan Yobel, mengundang umat beriman untuk memasuki perjalanan spiritual yang luar biasa.

Dengan aplikasi seluler resmi Yubileum 2025 dan Kartu Peziarah yang tersedia secara gratis, para peziarah memiliki akses lebih mudah untuk mengikuti acara-acara dan merencanakan kunjungan mereka ke Vatican City. Dengan demikian, diharapkan perayaan Tahun Yubileum 2025 akan menjadi momen yang menginspirasi dan memberkati bagi umat Katolik di seluruh dunia.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *