Ini Pesan Presiden Jokowi kepada Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam

JAKARTA (Awall.id) – Presiden RI Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Istana Negara Jakarta, Rabu (21/02/2024).

Posisi Menko Polhukam sebelumnya diduduki Mahfud MD. Namun Mahfud MD mengajukan surat pengunduran diri karena menjadi Cawapres Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Presiden Jokowi mengaku telah berpesan kepada Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan yang baru dilantik terkait keamanan hingga dukungan investasi.

“Saya tadi sudah pesan beberapa hal yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban, dan yang berkaitan dengan dukungan terhadap investasi yang akan masuk ke Indonesia,” kata Presiden Jokowi usai acara pelantikan pejabat negara di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Presiden Jokowi juga menilai bahwa Hadi Tjahjanto sangat siap untuk mengatasi hal-hal yang berkaitan politik, hukum dan keamanan. Menurut Presiden, Hadi siap dengan jabatan yang baru diembannya karena sebelumnya merupakan Panglima TNI periode 2017-2021.

“Saya kira Pak Menko Polhukam kita tahu beliau dulu Panglima. Saya kira untuk mengatasi hal yang berkaitan politik, hukum, dan keamanan sangat sangat siap,” kata Presiden.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, serta Agus Harimurti Yudhoyono sebagai menteri agraria dan tata ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Pelantikan Hadi dan AHY itu dilakukan secara bersamaan sesuai Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024, yang ditetapkan Presiden Joko Widodo di Jakarta, tanggal 20 Februari 2024.

Dalam kesempatan itu, Hadi dan AHY menjalani proses pengambilan sumpah jabatan dengan dipandu Jokowi.

Sebelumnya, Hadi Tjahjanto merupakan menteri ATR/kepala BPN; sedangkan menko polhukam dijabat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian selaku pelaksana tugas. Hadi Tjahjanto juga pernah menjadi Panglima TNI periode 2017-2021.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *