Waket DRPD Jateng Ferry Wawan Cahyono : Pemberdayaan Ekonomi Lokal Kunci Keberlanjutan di Jawa Tengah

SEMARANG (Awall.id) – Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono mengatakan pemberdayaan ekonomi lokal sangat penting, sebagai pondasi utama keberlanjutan di Jawa Tengah. Hal itu karena pemberdayaan ekonomi lokal, memilki peran krusial dalam menghadapi tantangan masa kini dan mendatang.

Pemberdayaan ekonomi lokal, juga bukan hanya tentang mendukung produk-produk setempat, tetapi juga menciptakan ekosistem ekonomi yang berkelanjutan.

“ Ketika kita mendukung produk lokal, kita secara langsug memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah, serta memastikan keberlangsungan mata pencaharian masyarakat di sekitar,” kata Ferry di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (31/1).

Legislator dari Partai Golkar Dapil Jateng-10 yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Kebumen ini mengungkapkan, diperlukan kolaborasi antara pemerintah, pelaku bisnis, dan konsumen untuk membangun ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.

” Saat dimana masyarakat lokal aktif dalam mendukung produk-produk setempat, ini tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga meningkatkan kemandirian ekonomi daerah,” tambahnya.

Dalam merespon kebutuhan ekonomi lokal, pihaknya mengusulkan adanya kebijakan yang mendukung pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta insentif pajak untuk pelaku usaha lokal.

“Pemberian pelatihan keterampilan dan fasilitas akses ke pasar juga perlu ditingkatkan, sehingga pelaku usaha lokal dapat bersaing secara lebih efektif,” ujar dia.
Selain itu, penting untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses pengambilan keputusan ekonomi yang memengaruhi wilayah mereka.

Ferry yang juga Ketua Ormas MKGR Jateng ini menekankan, peran partisipasi masyarakat dalam menentukan arah pembangunan ekonomi lokal.

“Semakin kita memotivasi masyarakat untuk menjadi agen perubahan, semakin kokoh pilar-pilar ekonomi lokal kita,” katanya.

Dengan pemberdayaan ekonomi lokal sebagai pusat perhatian, masyarakat Jawa Tengah diharapkan dapat membangun fondasi ekonomi yang kuat dan berkelanjutan, menghadapi tantangan masa kini dan mendatang dengan keyakinan dan daya saing yang tinggi.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *