Kunjungi Pembangunan Museum Reog, Ganjar Ingin Bangun Ketahanan Budaya

Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo yang meninjau pembangunan Museum Reog di Gunung Gamping, Jumat (19/1/2024)
Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo yang meninjau pembangunan Museum Reog di Gunung Gamping, Jumat (19/1/2024)

PONOROGO (Awall.id) – Ribuan warga Ponorogo, Jawa Timur, menyambut meriah kedatangan calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo yang meninjau pembangunan Museum Reog di Gunung Gamping, Jumat (19/1/2024).

Mereka menampilkan belasan Reog di jalan saat menyambut kedatangan capres nomor urut 03 itu.

Belasan reog berukuran besar itu berbaris memberi penghormatan kepada Ganjar. Iringan musik gamelan khas Ponorogo yang rancak menambah suasana menjadi semakin meriah.

Capres berambut putih itu kemudian melihat secara langsung proses pembangunan museum yang direncanakan selesai pada 2024 ini.

Menurut Ganjar, pembangunan Museum Reog tersebut merupakan langkah yang tepat untuk melestarikan serta mengembangkan potensi seni budaya daerah. Ke depan Ganjar ingin agar negara juga membangun ketahanan budaya.

“Kalau bicara seni dan budaya, maka dalam ketahanan nasional kita juga harus masuk pada ketahanan budaya agar kita tidak digempur oleh budaya lain dan bisa jadi tuan rumah atas potensi yang kita miliki,” ujar Ganjar.

Museum Reog, lanjut Ganjar, nantinya bisa dimanfaatkan untuk pengenalan dan pengembangan seni Reog. Lebih dari itu, akan menjadi tempat wisata.

“Mudah-mudahan di Ponorogo orang akan bisa melihat bahwa kalau belajar mengetahui dan meneliti tentang Reog bisa datang ke sini. Semacam Reog center, Reog itu bisa dijadikan salah satu contoh pertunjukan seni yang mendunia,” paparnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menambahkan, Indonesia memiliki banyak potensi seni budaya yang harus dijaga.

“Saya berkeliling ke banyak tempat di Indonesia. Jadi Reognya sendiri sebagai karya seni, detail, bagus dan mesti ada minimum standarnya. Sehingga kalau ada orang yang mau memainkan Reog dengan kualitas tinggi, datang ke sini,” tandasnya.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *