Wapres: Jaga Kondusivitas Pemilu, Jangan Saling Menjelekkan

Wakil Presiden Ma;ruf Amin
Wakil Presiden Ma;ruf Amin

JAKARTA (Awall.id) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan para kontestan Pemilu dan para pendukungnya bisa mewujudkan Pemilu 2024 yang damai.

Kiai Ma’ruf pun mengimbau agar tidak saling menghina satu sama lain. Wapres justru mempersilakan saling beradu ide dan gagasan dengan tidak menjelekkan pihak yang lain.

“Mereka boleh menjual calonnya, tapi tidak menjelekkan calon yang lain, yang berpotensi terjadinya (konflik), untuk para pendukung, ini penting,” ujar Kiai Ma’ruf dikutip dari keterangannya, Jumat (20/10/2023).

Wapres Ma’ruf Amin meminta para kontestan harus membuat pakta integritas untuk tidak melakukan hal-hal dan ucapan serta tindakan yang mengarah provokasi ataupun narasi-narasi yang mengarah terjadinya konflik.

Pada berbagai kesempatan, Wapres selalu mengingatkan pentingnya hasil Pemilu yang bersih. Saat hadir di kegiatan Ikrar Merajut Keberagaman Nusantara dari Sumatera Utara (Sumut) di Gedung Olahraga (GOR) Jalan Pancing, Medan, Sumut, Kamis (19/10) lalu, Wapres Ma’ruf Amin kembali mengingatkan agar para kontestan Pemilu bisa menjaga kondusivitas.

“Tentu harus kita ingatkan kepada seluruh masyarakat. Hari ini kita mulai dari Sumut,” kata Ma’ruf Amin.

Sementara kepada para pimpinan partai politik, Ma’ruf Amin mengingatkan agar menjaga Pemilu 2024 tetap berjalan dengan baik, bersih dan jujur.

“Juga para pimpinan partai harus menjaga supaya pemilu berjalan dengan baik, bersih, jujur. Kemudian juga para pelaksana penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu, DKPP ini harus betul betul adil dan berpegang pada aturan yang benar,” tegasnya.

Khusus untuk kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), Wapres menekankan agar ASN dan pemerintah daerah untuk terus bersikap netral, sementara pihak keamanan juga diimbau tetap menjaga netralitas dan tidak berpihak pada kontestan tertentu.

“Kalau semua ini bisa kita lakukan dengan baik, insya Allah Pemilu berjalan (dengan baik), tidak ada konflik, dan selamat,” ujarnya.

Dia pun meyakini jika hal dijalankan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan di berbagai tingkatan, dapat menjaga keharmonisan dan menghindari potensi konflik dalam Pemilu 2024.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *