Dulu Usulkan Ganjar Capres, Kini Guntur Usul Jokowi Gantikan Megawati Jadi Ketum PDIP

Guntur Soekarnoputra
Guntur Soekarnoputra

JAKARTA (Awall.id) – Guntur Soekarnoputra kembali mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Kakak Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri itu, mengusulkan nama Presiden Jokowi untuk menggantikan Megawati sebagai ketua umum partai berlambang kepala banteng.

Sebelumnya, Guntur juga pernah mengusulkan kepada PDI Perjuangan untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Usulan itu ternyata menjadi kenyataan. Adiknya, Megawati Soekarnoputri memutuskan mengusung Ganjar Pranowo sebagai Capres yang diusung PDI Perjuangan dan beberapa partai pendukung.

Usulan Guntur agar Jokowi menggantikan Megawati di kursi Ketua Umum PDIP disampaikan melalui sebuah opininya di Harian Kompas pada Sabtu (30/9/2023).

Guntur mengatakan, Jokowi tetap dibutuhkan untuk berada dalam lingkaran kekuasaan dan pemerintahan, paling tidak sebagai ketua umum partai politik.

“Mengingat pemikiran dan pengalamannya yang tentu masih sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara ini, hal itu perlu dipertimbangkan,” kata Guntur.

Dia pun mengusulkan Jokowi untuk menjadi Ketua Umum PDIP mengingat usia Megawati tidak lagi muda.

“Apakah tak mungkin Jokowi meneruskan estafet kepemimpinan di PDIP sebagai Ketua Umum PDIP dan Megawati menjadi Ketua Dewan Pembinanya?” ucap Guntur.

Terlebih, kata dia, Jokowi merupakan anak ideologis Bung Karno karena selama sepuluh tahun menjadi Wali Kota Solo, dua tahun lebih menjadi gubernur DKI Jakarta, dan nanti sepuluh tahun menjadi Presiden RI.

“Yang berarti selama 22 tahun di pemerintahan, Jokowi konsisten melaksanakan ide-ide Bung Karno,” ungkap Guntur.

Karenanya, Guntur menilai langkah Jokowi untuk menjadi Ketua Umum PDIP sangat dimungkinkan dan sudah barang tentu kalau mau dilakukan melalui suatu kongres luar biasa yang benar-benar demokratis.

“Dalam hal ini, jika nanti disetujui Megawati akan menjadi ketua dewan pembina, dapat saja kepada Megawati diberikan lagi hak prerogatif layaknya sebelumnya. Masalahnya adalah, apakah Megawati, Jokowi, dan partai mau?” imbuhnya.

Sharing:

You may also like...

1 Response

  1. 1 October 2023

    […] Baca Juga: Dulu Usulkan Ganjar Capres, Kini Guntur Usul Jokowi Gantikan Megawati Jadi Ketum PDIP […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *