Jangan Gegabah, Berikut Pertolongan Pertama pada Orang Kesetrum

SEMARANG (Awal.id) – Tersengat listrik atau kesetrum adalah salah satu jenis kecelakaan berbahaya yang membutuhkan pertolongan darurat. Kecelakaan ini umumnya terjadi pada orang dewasa di lingkungan kerja dan anak-anak di rumah.

Sengatan listrik dapat menyebabkan luka bakar pada kulit. Dalam banyak kasus, kesetrum tidak menyebabkan luka bakar tapi menyebabkan kerusakan organ di dalam tubuh yang tidak terlihat dari luar, misalnya kerusakan jantung. Oleh karena itu, orang yang kesetrum harus segera mendapatkan pertolongan.

Dikutip dari Mayo Clinic, tingkat keparahan kesetrum tergantung pada jenis arus, tingginya tegangan, kesehatan seseorang, hingga seberapa cepat mendapatkan pertolongan.

Sebelum menolong, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan:

  1. Jangan menyentuh orang yang kesetrum jika dia masih berhubungan dengan arus listrik.
  2. Jangan mendekati kabel tegangan tinggi sampai listrik dimatikan.
  3. Berada setidaknya 6 meter dari aliran listrik tersebut.
  4. Jangan pindahkan orang yang kesetrum.
  5. Jangan menggerakkan atau menggoyangkan badan orang yang kesetrum.

Berikut hal yang harus dilakukan:

  1. Matikan sumber listrik, jika memungkinkan. Jika tidak, jauhkan sumbernya dari Anda dan orang tersebut menggunakan benda kering nonkonduktor yang terbuat dari karton, plastik, atau kayu.
  2. Telepon nomor darurat 112. Jika seseorang mengalami luka bakar parah, kebingungan, sulit bernafas, masalah irama jantung (aritmia), gagal jantung, nyeri otot dan kontraksi, kejang, dan hilang kesadaran. Beri tahu kondisi yang terjadi dan minta ambulans segera datang.
  3. Periksa kondisi tubuh dan cek pernapasan. Lakukan CPR jika orang tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda sirkulasi, seperti bernapas, batuk, atau bergerak.
  4. Tutupi area yang terbakar dengan perban atau kasa steril, jika tersedia, atau kain bersih. Jangan gunakan selimut atau handuk, karena serat yang longgar dapat menempel pada luka bakar.
  5. Tunggu hingga ambulans datang. (is)
Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *