Jangan Khawatir! Atasi Efek Demam Setelah Vaksinasi Dengan Makanan Ini

SEMARANG (Awal.id) – Demi terbebas dari pandemi Covid-19, segala upaya telah dilakukan. Dari mulai menjaga protokol kesehatan, melaksanakan 5M, hingga vaksinasi gencar dilakukan.

Pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin demi menekan penyebaran Covid-19 dengan program vaksinasi massal secara gratis dan terukur ini. Namun demikian, tak sedikit juga orang yang mengeluh dan was-was karena efek samping yang dialami setelah menerima vaksinasi.

Eits, tunggu dulu, gejala ini bukan pertanda yang parah, kok. Sebagian orang akan mengalami dampak yang berbeda, tetapi mayoritas merasakan demam atau rasa pegal. Hal ini terjadi lantaran vaksin sedang bekerja dan tubuh mengalami adaptasi.

Biasanya, gejala paling dominan adalah demam. Bila kamu terserang demam setelah menerima vaksin corona, jangan panik dulu, ya. Kamu bisa meredakannya dengan minum obat pereda demam, dan konsumsi makanan tinggi nutrisi, vitamin, serta mineral. Langkah ini bertujuan agar efek demam tidak semakin parah.

Nah, untuk membantumu cepat pulih, kumparan juga sudah merangkum rekomendasi makanan sehat yang dapat dikonsumsi kala demam menyerang. Yuk, kita simak bersama daftarnya berikut ini.

1. Buah-buahan segar

Hampir semua jenis buah-buahan sangat baik guna meredakan demam tinggi di tubuh. Setelah divaksin sebaiknya perbanyak asupan buah segar, ya. Kamu bisa memilih apel, jeruk, semangka, kiwi, maupun melon. Pasalnya semua buah tersebut punya kandungan vitamin C tinggi dan kaya akan antioksidan. Jadi, selain mengurangi efek demam, fungsi imun tubuh ikut meningkat pula.

2. Yoghurt

Melalui studi Jurnal Pediatrics tahun 2009, dijelaskan bahwa makanan probiotik bisa jadi asupan utama untuk meredakan demam, terlebih bagi anak-anak. Yoghurt masuk dalam salah satu makanan dengan kandungan probiotik baik. Oleh karenanya, produk olahan susu satu ini cocok dijadikan camilan ketika demam menyerang.

3. Makanan tinggi protein

Penting untuk selalu memasukkan asupan protein dalam konsumsi sehari-hari. Begitupun setelah tubuh mendapat vaksinasi, lantaran protein membantu meningkatkan energi serta memperkuat imun tubuh melawan infeksi. Untuk jenis proteinnya, kamu bisa kok memilih telur orak-arik, tahu rebus, atau daging dada ayam panggang.

4. Makanan berkuah

Konsumsi makanan yang kaya cairan merupakan obat herbal alami terbaik dalam mengatasi demam. Menurut William Schaffner, dokter di Vanderbilt School of Medicine, opsi terbaik melawan penyakit demam adalah konsumsi makanan berkuah. Misal sup ayam, membuat lendir di hidung berkurang serta efek demam setelah vaksin pun perlahan menurun.

5. Tingkatkan jumlah kalori

Saat tubuh terserang demam, nafsu makan seringkali menurun drastis. Namun, perlu diingat, demam akan sembuh bila tubuh mendapat asupan kalori yang cukup. Apalagi, ketika usai menerima vaksin, rasanya selera makan akan berkurang bagi sebagian orang.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu melengkapi asupan makanan meski tak nafsu. Setidaknya tubuh harus mendapat lima atau enam porsi selagi demam, sudah diselingi pula dengan camilan sehat. Ini bertujuan mengembalikan energi sehingga demam dapat cepat pulih.

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *