PSS Raih Juara Tiga Piala Menpora 2021, Taklukkan PSM Makassar 2-1

PSS Sleman Raih gelar Juara 3 di piala Menpora 2021
PSS Sleman Raih gelar Juara 3 di piala Menpora 2021

SOLO (Awal.id) – PSS Sleman berhasil menaklukkan PSM Makassar 2-1 dan merebut juara ketiga Piala Menpora 2021, di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (24/4) malam.

Kedua tim bermain hati-hati di babak pertama. Pendekatan permainan itu membuat tak ada peluang berbahaya yang diciptakan kedua tim hingga 20 menit awal pertandingan.

Anak asuh Dejan Antonic ini tampil memenangkan laga dengan 10 pemain sejak menit ke-36, serta tanpa diperkuat pemain yang selama ini menjadi tumpuan dalam starting line up.

PSS Sleman berhasil unggul lewat tendangan penalti Irfan Jaya pada babak pertama. Tapi PSS Sleman harus bermain dengan 10 orang setelah bek tengah Fandry Imbiri mendapat kartu merah akibat melanggar Yance Sayuri. Keunggulan PSS dipertahankan sampai peluit babak pertama ditiup.

Pada babak kedua PSM Makassar yang tertinggal satu gol dan unggul jumlah pemain akan tampil lebih menyerang,

PSS Sleman menyerang lebih dulu melalui striker muda, Rafi Angga, tendangannya masih mampu dibendung Hilmansyah pada menit 46.

Memasuki menit ke-50, Irkham Mila menebar ancaman lewat tedangan jarak jauh melengkung. Bola yang dilesatkan Mila masih tampak tipis melenceng ke sisi kiri Hilman Syah.

PSS Sleman terus menekan kembali melalui aksi solo Irfan Jaya. Dari sayap kanan dia melepas umpan ke kotak penalti PSM Makassar. Rafi Angga yang telah berlari hampir saja mampu menambah kedudukan PSS Sleman sebelum diblok dengan sempurna oleh Hilman Syah.

Keluar  dari Tekanan

PSM Makassar berusaha keluar dari tekanan, Sutanto Tan memberanikan diri melewati penjagaan pemain belakang PSS Sleman, namun upayanya dijatuhkan.

Tendangan bebas untuk PSM Makassar, Sutanto Tan menjadi eksekutor tersebut, dan melesatkan tembakan cantik ke gawang PSS Sleman yang tak bisa dibedung Miswar Saputra.

Skor berubah menjadi sama kuat 1-1. Memasuki menit 64, pemain asing PSS Sleman Nico Velez masuk menggantikan Fitra Ridwan, serta Arsyad menggantikan Irfan Jaya.

Pergantian yang dilakukan pelatih PSS Sleman, Dejan Antonic terbukti manjur. Selang satu menit, Nico Velez menjadi super sub dengan berkontribusi dalam lahirnya gol kedua PSS Sleman.

Irkham Mila yang menerima passing dari Nico Velez berhasil mengonversi menjadi gol. Kedudukan kembali diungguli PSS Sleman 2-1.

PSM Makassar kian terpacu, pada menit 72 giliran Saldy mendapat kesempatan ketika tercipta kemelut di depan gawang PSS Sleman.

Tendangan voli yang dilesatkan dengan terarah. Miswar Saputra yang berdiri di bawah mistar gawang ternyata sudah lebih sigap membendung tendangan Saldy.

Di menit 75 Rafi Angga mendapat kesempatan menjadi eksekutor tendangan bebas setelah Irfan Jaya digantikan.Tetapi tendangan  Rafi masih bisa dimentahkan oleh aksi gemilang Hilman Syah.

Memasuki menit ke 90 PSM Makassar mengurung setengah lapangan permainan PSS Sleman. Namun belum ada satu pun peluang emas yang diciptakan.

Sepak pojok didapat oleh PSM Makassar. Arfan yang menjadi pengumpan berhasil menempatkan bola pada Erwin Gutawa. Ancaman itupun hampir saja menyamakan kedudukan.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan oleh Wasit, PSS Sleman mampu mempertahankan kedudukan  2-1 meski bermain dengan 10 pemain. (is)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *