Persiapan PON, Wushu Jateng Akan Lakukan Try Out

SEMARANG (Awall.id) – Salah satu cabor andalan Jawa Tengah di PON Aceh Sumut 2024, Wushu akan menjalani masa try out di Jatim pada akhir Juni 2024.

Manajer tim Wushu Jateng, Muhammad Zaenuri menjelaskan pihak Pengprov WI Jateng mencoba berinovasi dengan memecah sistem tryout beberapa atlet untuk menyesuaikan even yang ada.

“Kita akan melakukan try out ke Surabaya. tetapi tidak semua atlet terjun dalam satu even, tetapi coba kita pecah-pecah,” kata Zaenuri saat ditemui di Wisma Wushu Jateng,KOmpleks Marina, Semarang.

Dijelaskannya, lima orang dari 11 atlet sanda yang menghuni Pelatda Jateng dan berstatus mahasiswa akan diterjunkan di ASEAN University Games yang bakal digelar mulai 25 Juni 2024 mendatang di Surabaya.

Sedangkan enam atlet sanda lainnya yang tidak berstatus mahasiswa akan menjalani tryout dengan melakukan sparing partner di Surabaya.

Zaenuri mengatakan, di even ASEAN University Games ini, nantinya banyak pengprov wushu yang atletnya ikut terjun, memboyong atlet-atlet pelatdanya ke Surabaya.

Pihaknya sudah mencoba berkomunikasi dengan beberapa pengprov dan sudah bersepakat untuk saling jajal di sana.

“Kita akan cari tempat, atau kalau tidak kita akan memanfaatkan arena ASEAN University Games di sela-sela pertandingan mereka untuk ikut menggunakan tempatnya guna beruji coba,”katanya.

Bahkan, lanjut dia, beberapa negara sudah menyatakan kesediaannya untuk menjadi lawan latih tanding saat di Surabaya ini.

“Kebetulan kita nanti di sana ada juga beberapa atlet Vietnam, Thailand dan beberapa negara ASEAN, ada beberapa yang sudah menyatakan siap jika diajak berkolaborasi di luar University Games,” jelasnya.

Selain atlet Sanda, atlet Taulo juga dirancanakan untuk diboyong ke Surabaya. Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Jatim, untuk mengadu para atlet mereka.

“Kebetulan banyak juri nasional bahkan internasional di sana, jadi kita akan manfaatkan untuk memberikan penilaian pada atlet-atlet kita,” katanya.

Memang tidak seperti Sanda yang diadu, namun penilaian wasit nasional nanti di uji coba itu akan baik sebagai bahan evaluasi pelatih.

Dijelaskan oleh Zaenuri, saat ini kondisi atletnya sudah mencapai 75-80 persen, dan sudah memasuki masa kompetisi (in season).

Sehingga, lanjutnya, dibutuhkan banyak pertandingan untuk mematangkan kemampuan mereka.

“Kita juga punya rencana untuk melakukan try out ke luar negeri. Rencananya kita akan memboyong para atlet ke Vietnam,” imbuhnya.

Vietnam, kata dia, sengaja dipilih karena secara kualitas mereka memiliki atlet-atlet yang mumpuni baik di nomor Sanda maupun taulo dimana perkembangan mereka juga sangat pesat.

“Nanti selepas dari Surabaya, kita akan melakukan uji coba ke Vietnam selama sekitar sebulan. Rencana kita berangkat antara akhir Juli atau awal Agustus,” tandasnya. (Ab)

Sharing:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *